Simak Aturan Baru Jatah Rumah Mantan Presiden-Wapres

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merombak ketentuan penyediaan rumah bagi mantan presiden dan wakil presiden. Ketentuan baru ini diatur dalam beleid lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 120/PMK.06.2022.

Yanita Petriella

4 Agt 2022 - 12.06
A-
A+
Simak Aturan Baru Jatah Rumah Mantan Presiden-Wapres

Rumah Presiden Soekarno di Jalan Soekarno Kelurahan Anggut Atas Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu,

Bisnis, JAKARTA – Presiden dan wakil presiden selama menjabat akan mendapat fasilitas rumah dinas. Kemudian setelah turun dari jabatannya, negara akan memberi mereka sebuah hunian baru. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merombak ketentuan penyediaan rumah bagi mantan presiden dan wakil presiden. Ketentuan baru ini diatur dalam beleid lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 120/PMK.06.2022 tentang Penyediaan Standar Kelayakan dan Perhitungan Nilai Rumah Kediaman Bagi Mantan Presiden dan atau Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Beleid yang ditetapkan pada 27 Juli 2022 dan mulai berlaku 28 Juli 2022 ini akan mencabut aturan sebelumnya yakni PMK Nomor 189/PMK.96/2014 dan PMK Nomor 203/PMK.06/2014.

Dalam pasal 1 PMK Nomor 120/PMK.06.2022 disebutkan pemerintah menyediakan rumah kediaman bagi mantan presiden dan wakil presiden yang dilakukan dengan mekanisme pembelian tanah dan bangunan, pembelian tanah dan pembangunan rumah, atau pembangunan atau peremajaan rumah di lahan milik pribadi untuk rumah kedinasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.