Simak Daftar Jalan Tol Baru Dioperasikan saat Libur Nataru

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono siap mengoperasikan sembilan ruas tol baru di Pulau Jawa dan Sumatera secara fungsional untuk kelancaran lalu lintas libur Nataru.

Yanita Petriella

18 Des 2022 - 08.05
A-
A+
Simak Daftar Jalan Tol Baru Dioperasikan saat Libur Nataru

Ilustrasi jalan tol

Bisnis, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono siap mengoperasikan sembilan ruas tol baru di Pulau Jawa dan Sumatera secara fungsional untuk kelancaran lalu lintas libur Nataru.

Menjelang akhir tahun, Basuki mengatakan secara keseluruhan tol fungsional sudah bisa dioperasikan, dan kemudian untuk pemanfaataanya diserahkan kepada kepolisian.

“Seluruh jalan tol fungsional sudah siap untuk dilalui, kami serahkan kepada Bapak Kakorlantas untuk dimanfaatkan atau tidak, sesuai dengan manajemen lalu lintas di lapangan,” ujarnya dikutip, Minggu (18/12/2022). 

Baca Juga: Daftar Kolongmerat Pemilik Jalan Tol di Indonesia

Untuk mendukung kesiapan lalu lintas pada Nataru tahun 2022/2023, Kementerian PUPR akan mengoperasional secara fungsional 7 ruas jalan tol baru di Pulau Jawa dan 2 ruas jalan tol fungsional di Sumatera, diantaranya:

1. Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan Seksi 2 dan 3 Ranca Kalong-Sumedang, Sumedang–Cimalaka sepanjang 21 km.

2. Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu Seksi 2A Jaka Sampurna – Kayuringin – Ujung sepanjang 4,8 km.

3. Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar Tahap 1 Junction Wringanom sepanjang 7,4 km.

4. Tol Semarang Demak Seksi 2 Sayung – Demak sepanjang 16,31 km.

5. Tol Cinere – Jagorawi Seksi 3A Kukusan – Cinere sepanjang 3 km. 

6. Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 Cigombong – Cibadak sepanjang 11,9 km. 

7. Tol Jakarta Cikampek Selatan Segmen Sadang – Kutanegara sepanjang 8,5 km. 

8. Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 dan 6 Blang Bintang – Kutobaro – SS Baitussalam sepanjang 12,3 km. 

9. Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi – Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi – Indrapura sepanjang 20,4 km.


Adapun, Basuki menegaskan pekerjaan konstruksi di jalan tol maupun non-tol akan dihentikan untuk kelancaran arus lalu lintas saat libur Nataru 2022.

“Exit tol menuju jalan industry yang semula berupa jalan tanah merah, sudah dilakukan perkerasan dan diselesaikan padatanggal 15 Desember 2022. Kami tegaskan juga semua pekerjaan konstruksi di jalan tol maupun non-tol sudah kita hentikan H-10 untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru ini,” kata Menteri Basuki.

Untuk diketahui, Basuki juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak hanya memanfaatkan jalan tol sebagai jalur lalu lintas Nataru, tetapi juga jalan-jalan nasional yang rata-rata sudah dalam kondisi kemantapan 91,8 persen.

Secara kesuluruhan, total panjang jalan nasional 46.690 km yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera sepanjang 7.918 km, Pulau Jawa dan Bali sepanjang 5.336,9 km, Pulau Kalimantan sepanjang 6.556,4 km, Pulau Sulawesi sepanjang 17.284,4 km, dan Pulau Nusa Tenggara sepanjang 2.792,1 dan Pulau Maluku–Papua sepanjang 6.802,3 km. (Muhammad Ridwan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.