Simak Hasil Stress Test OJK pada Industri Jasa Keuangan

Selain melakukan stress test untuk keseluruhan industri jasa keuangan, OJK pun meminta masing-masing sektor lembaga jasa keuangan untuk melakukan stress test yang sifatnya forward looking terhadap berbagai skenario yang dilihat sebagai risiko utama.

Arlina Laras

6 Nov 2023 - 15.38
A-
A+
Simak Hasil Stress Test OJK pada Industri Jasa Keuangan

Ilustrasi industri jasa keuangan. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan stress test di seluruh sektor jasa keuangan terkait tekanan pada sektor perekonomian. Uji tekanan pada sistem keuangan ini meliputi sejumlah parameter seperti dampak pelemahan nilai tukar rupiah hingga kenaikan inflasi.

Stress test pada industri jasa keuangan adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengukur sejauh mana lembaga keuangan, seperti bank, asuransi, atau perusahaan investasi, dapat bertahan dalam menghadapi situasi ekstrem atau stres ekonomi yang tidak terduga.

Tes stres ini melibatkan simulasi kondisi ekonomi yang buruk, seperti resesi global, untuk mengevaluasi ketahanan dan risiko lembaga keuangan. Hal ini membantu para pengawas dan pemangku kepentingan untuk memahami apakah lembaga-lembaga ini dapat bertahan dalam situasi krisis.

“Tentu stress test spesifik dilakukan di masing-masing institusi. Dalam konteks OJK meliputi seluruh sektor yang ada baik itu perbankan, keseluruhan IKNB [industri keuangan nonbank] dan pasar modal,” ujarnya dalam Konferensi Pers KSSK, Jumat (3/11/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Simak Hasil Stress Test OJK pada Industri Jasa Keuangan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.