Simak Mahfud Beberkan Keterlibatan Luhut & Erick di Bisnis PCR

"Saya tak bermaksud membela LBP dan Erick, saya hanya menjelaskan konteks kebutuhan ketika dulu kita diteror dan dihoror oleh Covid-19," kata Mahfud MD.

Rustam Agus

14 Nov 2021 - 14.36
A-
A+
Simak Mahfud Beberkan Keterlibatan Luhut & Erick di Bisnis PCR

Ilustrasi tes PCR/Antara

Bisnis, JAKARTA – Akhir-akhir ini banyak cibiran dari masyarakat atas keterlibatan pejabat tinggi negara dalam bisnis tes PCR Covid-19 yang diwajibkan tetapi memberatkan di tengah pandemi

Bermaksud meredam cibiran di atas, Menkopolhukam Mahfud MD coba menjelaskan konteks keterlibatan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam pengadaan PCR

Mahfud mengatakan, awal kemunculan Covid-19 pada paruh pertama 2020 itu dianggap mencekam sehingga mendorong Presiden Jokowi dan DPR untuk mengajak peran serta masyarakat menanggulangi Covid-19, dengan solidaritas sosial, tenang, dan kreatif.

“Dalam situasi itulah banyak kelompok masyarakat merespons seruan DPR, termasuk Luhut Binsar Pandjaitan dan Erick Thohir yang ikut mendirikan PT Genomik Solidaritas Indonesia [GGI] yang antara lain melakukan pengadaan PCR di mana distribusinya ada yang berbayar dan ada yang digratiskan,” bebernya.

Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD/Bisnis

Mahfud menjelaskan hal itu dalam Webinar yang bertajuk ‘Menguji Konsistensi Kebijakan Penanganan Pandemi Covid-19 Terhadap UUD 1945,’ yang diselenggarakan oleh Masjid Kampus UGM, Sabtu (13/11/2021) malam.

Waktu itu, lanjutnya, masyarakat seperti terteror dengan horor Covid-19.

Alat kesehatan tidak ada, masker hilang dari pasar karena ditimbun oleh pedagang gelap dan dijual dengan harga puluhan kali lipat, rumah sakit banyak yang menolak pasien Covid-19 karena jika pernah menerima pasien Covid bisa dijauhi orang.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Antara

"Saya tak bermaksud membela LBP dan Erick, saya hanya menjelaskan konteks kebutuhan ketika dulu kita diteror dan dihoror oleh Covid-19, dan ada kebutuhan gerakan masif untuk mencari alat test dan obat. Silakan terus diteliti, dihitung, dan diaudit. Masyarakat juga punya hak untuk mengkritisi. Nanti akan terlihat kebenarannya,” kilah Mahfud.

Tidak hanya itu, bermunculan pula hasil penelitian kreatif dari berbagai kampus. Dari UGM, misalnya, lahir G-Nose dan dari Unair lahir lima racikan obat untuk mengobati Covid-19 sesuai dengan tingkat komplikasinya.

Sekarang, lanjut Mahfud, kita sudah bisa bernafas lega dan bersyukur bahwa selain sudah konstitusional, kebijakan dan langkah pemerintah dalam menghadapi Covid-19 juga cukup efektif.

Menteri BUMN Erick Thohir/Instagram

Di dunia internasional, penanganan Covid-19 di Indonesia dinilai termasuk yang terbaik.

"Meski begitu kita harus tetap waspada dan selalu mengikuti prokes, sampai nanti benar-benar aman. Jangan lengah, jangan lalai," demikian Mahfud MD. (Indra Gunawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.