Simak Sejumlah Keuntungan Ikut Berbisnis Waralaba

Bisnis franchise atau waralaba sudah memiliki standard operating prosedur sehingga akan lebih memudahkan dalam menjalankan usaha.

Dewi Andriani

3 Nov 2021 - 16.14
A-
A+
Simak Sejumlah Keuntungan Ikut Berbisnis Waralaba

Ilustrasi aneka waralaba/istimewa

Bisns, JAKARTA – Bisnis waralaba sudah dikenal dan makin ramai sejak beberapa tahun lalu.

Bagi Anda yang ingin merintis usaha tapi belum tahu berbisnis apa, tidak ada salahnya mencoba waralaba.

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Tri Raharjo, banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika memilih untuk ikut dalam sistem waralaba.

Sekilas regulasi waralaba/Bisnis

Berikut sejumlah keuntungan yang ditawarkan waralaba

1. Bisnisnya sudah berjalan

Bisnis yang menggunakan sistem  waralaba umumnya merupakan bisnis yang sudah berjalan lebih dari 5 tahun.

Sistem ini terbukti menguntungkan atau sudah berhasil mencetak laba dalam periode yang pasti.

Sistem dan prosesnya pun tergolong mudah diterapkan dan dijalankan.

2. Sistem pemasaran sudah teruji 

Merek waralaba tentu saja sudah dikenal oleh masyarakat luas karena memiliki sistem marketing dan pemasaran yang juga sudah teruji.

3. Mendapat pelatihan

Franchisee atau Anda yang memilih menjadi mitra bisnis ini akan mendapatkan pelatihan, pendampingan, dan dukungan berkelanjutan oleh franchisor sebagai pemilik waralaba.

Dengan begitu, usaha yang Anda rintis tidak perlu harus memulai semuanya dari nol.

4. Memiliki SOP yang baik

Bisnis franchise atau waralaba sudah memiliki standard operating prosedur sehingga akan lebih memudahkan dalam menjalankan usaha.

5. Risiko lebih rendah

Menjalankan bisnis waralaba juga memiliki tingkat resiko yang lebih rendah dibandingkan dengan memulai usaha sendiri.

Karena itu, menurut Tri Raharjo, memilih bisnis waralaba pada masa pandemi menjadi alternatif solusi bagi masyarakat yang akan berbisnis.

Ilustrasi merintis waralaba/Bisnis

Meski demikian dia juga tetap mendorong para pelaku usaha waralaba, pewaralaba maupun terwaralaba, harus terus melakukan berbagai strategi untuk bertahan dari pandemi termasuk melakukan inovasi dan digitalisasi.

“Sektor bisnis perlu adaptif dalam pemasaran dan produknya dengan inovasi dan digitalisasi, karena perilaku konsumen selalu berubah mengikuti perkembangan zaman,” tuturnya.

Tri juga meyakini bahwa bisnis waralaba akan bertumbuh di tahun 2020.

WALI akan terus berupaya mencari solusi bagi para pelaku bisnis terutama waralaba dan lisensi agar mampu menghadapi pandemi di Indonesia.

Agar bisnis waralaba dapat bertumbuh di 2022, seluruh pemangku kepentingan harus saling kerjasama untuk menggerakan investasi di bisnis waralaba.

Selain itu untuk menjaga performance outlet waralaba untuk tetap survive, dan beradaptasi dalam memasarkan produk dengan situasi pandemi 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.