Simpang Dilema Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik

Pada pertengahan Januari 2022, wacana penyesuaian tarif dasar listrik (TDL) untuk 13 golongan pelanggan nonsubsidi sempat mencuat. Namun kemudian, pemerintah tak kunjung mengambil sikap.

Ibeth Nurbaiti

18 Apr 2022 - 00.00
A-
A+
Simpang Dilema Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik

Deretan bangunan bertingkat memancarkan cahaya lampu di Jakarta, Sabtu (19/2/2022). PT PLN (Persero) mengungkapkan konsumsi listrik masyarakat Indonesia tahun 2021 tumbuh pesat. Hal tersebut tercatat dari penjualan listrik PLN pada 2021 mencapai 255,1 Tera Watt hour (TWh), lebih tinggi dari penjualan listrik pada 2019 yang tercatat sebesar 243,1 TWh sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Bisnis/Suselo Jati

Bisnis, JAKARTA — Rencana pemerintah melakukan penyesuaian tarif listrik atau adjustment pada tahun ini seperti berada di persimpangan dilema. Apapun keputusan akhir yang nantinya diambil pemerintah, sama-sama memiliki konsekuensi yang akan berdampak langsung, baik kepada masyarakat maupun keuangan negara dan PT PLN (Persero). 

Di satu sisi jika penyesuaian tarif listrik dilakukan pada saat yang hampir bersamaan dengan kenaikan harga BBM, dikhawatirkan bisa menyulut kenaikan inflasi yang membuat harga kebutuhan pokok melambung serta menurunkan daya beli masyarakat.

Di sisi lain, jika pemberlakukan tarif penyesuaian pada tahun ini kembali ditahan padahal harga minyak mentah dunia masih bertengger pada level tinggi, tentunya akan mempengaruhi keuangan negara.

Baca juga: Menguji Nyali Pemerintah Naikkan Tarif Listrik di Tahun Politik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Simpang Dilema Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.