Simulasi Keuntungan ORI022, Bisa Dapat Rp22 Juta Sebulan!

Keuntungan yang diperoleh investor ritel melalui investasi di instrumen ORI022 dapat mencapai Rp22 juta per bulan jika berinvestasi dengan nilai maksimal Rp5 miliar.

Emanuel Berkah Caesario

27 Sep 2022 - 18.34
A-
A+
Simulasi Keuntungan ORI022, Bisa Dapat Rp22 Juta Sebulan!

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah telah resmi memulai masa penawaran instrumen surat berharga negara (SBN) ritel jenis Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 sejak Senin (26/9) lalu hingga Kamis (20/10) mendatang. Kupon yang diberikan pun tergolong tinggi, yakni 5,95 persen per tahun.

Tingkat kupon seri ini adalah yang tertinggi di antara seri SBN ritel lainnya yang sudah terbit tahun ini. Kupon tertinggi sebelumnya diberikan kepada seri sukuk ritel (SR) SR017 yang terbit pertengahan September 2022 ini, yakni 5,90 persen per tahun.

Adapun, kupon yang diberikan kepada ORI022 bersifat tetap atau fixed. Artinya, kuponnya tidak akan berubah hingga jatuh tempo atau dalam 3 tahun ke depan. Ini berbeda dibanding SBN ritel jenis saving bond retail (SBR) atau sukuk tabungan (ST) yang bersifat mengambang dengan batas bawah (floating with floor).

Baca Juga: ORI022 Segera Meluncur, Intip Peluang dan Risikonya

Pada seri SBR dan ST, kupon akan meningkat mengikuti tingkat kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI 7 Day Reverse Repo Rate. Dengan demikian, naiknya BI 7DRR sebesar 50 bps bulan ini bakal menjadikan kupon seri-seri SBR dan ST yang masih aktif meningkat 50 bps pula.


Meski ORI dan SR tidak memiliki keuntungan kupon mengambang tersebut, kedua instrumen ini memiliki keunggulan tersendiri, yakni dapat ditransaksikan di pasar sekunder. Artinya, jika sewaktu-waktu investor membutuhkan dana, seri ORI atau SR miliknya dapat dijual di pasar sekunder untuk dicairkan.

Lantas, seberapa besar keuntungan yang bisa didapatkan investor jika membeli seri ORI022 yang kini sedang dipasarkan?

Adapun, seri ORI022 dapat dibeli mulai dari Rp1 juta hingga Rp5 miliar melalui 30 mitra distribusi. Kupon instrumen ini dibayarkan tiap bulan, dengan beban pajak sebesar 10 persen.

Dengan demikian, berikut ini simulasi keuntungan yang didapatkan oleh investor ORI022 dengan nilai investasi tertinggi dan terendah:

Berdasarkan perhitungan tersebut, pendapatan investor per bulan dari investasi ORI022 berkisar antara Rp4.462 hingga Rp22,32 juta. Makin tinggi nilai investasinya, makin tinggi pula keuntungan yang didapatkan tiap bulan.

Berikut ini perincian besaran keuntungan bulanan yang diperoleh investor ORI022 berdasarkan besaran nilai investasinya:

Terlihat bahwa tingkat keuntungan yang diberikan ORI022 sangat menjanjikan. Selain itu, jangan lupa bahwa instrumen ini memiliki sejumlah keuntungan lain. Pertama, instrumen ini memiliki risiko yang sangat rendah karena dijamin oleh negara melalui undang-undang.

Baca Juga: Resmi Meluncur, Ini Keuntungan Investasi SBN Ritel ORI022

Kedua, pajaknya lebih rendah ketimbang pajak bunga deposito yang mencapai 20 persen. Di sisi lain, kupon ORI022 jauh lebih tinggi ketimbang rata-rata bunga deposito perbankan saat ini.

Ketiga, instrumen ini bisa diperjualbelikan di pasar sekunder. Artinya, investor berpeluang mendapatkan keuntungan tambahan dari capital gain atau selisih antara harga jual dan harga beli.

Keempat, investasi di SBN ritel merupakan bentuk dukungan terhadap upaya pembangunan negara, sebab dana yang diperoleh pemerintah dari SBN ritel akan digunakan untuk mendukung agenda APBN.


STRATEGI PEMASARAN

Dengan tingkat keuntungan yang menarik tersebut, mitra distribusi instrumen ini pun optimistis bakal mampu memasarkannya dengan optimal. Sejumlah strategi pemasaran obligasi ritel ini pun telah disiapkan, mulai dari cashback hingga voucher belanja. Ini bakal menambah daftar keuntungan instrumen ini.

Daniel Arifin, Investment Business Head Bank Commonwealth, meyakini bahwa minat investor untuk seri ORI022 masih akan tetap tinggi.

Ia memaparkan, daya tarik utama ORI022 adalah tingkat kupon yang ditawarkan sebesar 5,95 persen per tahun. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan seri ORI sebelumnya yaitu ORI021 pada 4,9 persen.

Selain itu, tingkat kupon ORI022 juga lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito perbankan di kisaran 3,3 persen – 3,5 persen. Minat investor juga bakal didukung oleh tingkat likuiditas perbankan yang masih cukup tinggi, dimana per Agustus 2022 untuk pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan berada di level 7,77 persen, sehingga berpotensi untuk diinvestasikan ke dalam ORI022.

“Kami mencanangkan target penjualan ORI022 50 persen lebih tinggi dibandingkan target ORI seri sebelumnya,” jelas Daniel saat dihubungi, Selasa (27/9).


Sebagai salah satu strategi untuk memasarkan ORI022, Daniel mengatakan Bank Commonwealth menyediakan program reward dalam bentuk cashback hingga Rp10 juta bagi nasabah yang melakukan pembelian ORI022 melalui aplikasi CommBank SmartWealth.

Selain untuk pembelian ORI022, dengan CommBank SmartWealth, nasabah juga dapat melakukan transaksi pembelian ataupun penjualan seri-seri obligasi pemerintah lainnya yang tersedia di pasar sekunder.

Senada, Direktur Utama BNI Sekuritas, Agung Prabowo, juga optimistis penyerapan ORI022 akan tinggi seiring dengan jumlah investor yang terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hingga Agustus 2022 total jumlah investor pasar modal mencapai 9.540.027 atau naik 27,38 persen year-to-date (YtD).

BNI Sekuritas juga menyiapkan strategi untuk meningkatkan penjualan ORI022. BNI Sekuritas memberikan hadiah voucher belanja Shopee sebesar Rp75.000,- dengan melakukan pembelian minimum Rp50 juta untuk 100 orang pertama.

(Reporter: Emanuel B. Caesario & Lorenzo A. Mahardhika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.