Singapore Exchange Luncurkan Kontrak Lithium dan Kobalt

Singapore Exchange (SGX) meluncurkan bursa berjangka untuk lithium dan kobalt yang merupakan bahan baku bagi pembuatan baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Nindya Aldila

26 Sep 2022 - 17.23
A-
A+
Singapore Exchange Luncurkan Kontrak Lithium dan Kobalt

Bisnis, JAKARTA - Pertarungan untuk mendapatkan pasokan bahan baku baterai kendaraan listrik, berupa lithium dan kobalt, bakal makin sengit setelah Singapore Exchange (SGX) meluncurkan bursa berjangka untuk komoditas ini.

SGX meluncurkan empat kontrak pada Senin, yakni untuk lithium karbonat dan lithium hidroksida tingkat baterai, ditambah logam kobalt dan kobalt hidroksida. Namun, dalam open interest pada kontrak litium hidroksida CME dan LME berada pada nol pada 22 September.

London Metal Exchange dan CME Group Inc., telah lebih dulu menawarkan kontrak berjangka untuk kedua logam tersebut, meski likuiditas perdagangan masih jauh di bawah kontrak komoditas yang telah ditetapkan.

Permintaan mineral baterai telah berkembang pesat karena dorongan industri otomotif global yang mempercepat transisi ke arah kendaraan listrik. Dengan adanya pasar berjangka baru, maka transaksi untuk kedua komoditas penting ini diyakini bakal makin besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.