Bahaya Moral Hazard Atas Aturan Hapus Tagih NPL UMKM

Jika tidak dirumuskan dengan hati-hati, terbitnya peraturan tentang hapus buku dan hapus tagih bagi kredit macet UMKM oleh bank BUMN dapat menimbulkan moral hazard yang merugikan negara.

Arlina Satiti Mugi Laras

26 Mar 2024 - 16.55
A-
A+
Bahaya Moral Hazard Atas Aturan Hapus Tagih NPL UMKM

Bisnis, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) kembali memperingatkan moral hazard yang muncul seiring rencana pemerintah untuk mengatur hapus tagih kredit macet bagi UMKM.

Bahkan, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa sejak adanya rencana hapus tagih tersebut, banyak nasabah yang sebelumnya lancar dalam pembayaran kreditnya meminta agar status kreditnya menjadi macet. Hal ini dilakukan agar mereka dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan hapus buku (write-off).

"Kalau itu terjadi, Himbara [Himpunan Bank Milik Negara] bisa bubar dan tidak bisa setor dividen ke negara,” ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Jakarta, pekan lalu, Rabu (20/3/2024)

Sunarso mengatakan bahwa meski penghapusan tagih tidak mudah, Sunarso menjamin bahwa BRI akan tetap melaksanakan peraturan itu jika nantinya sudah menjadi keputusan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Bahaya Moral Hazard Atas Aturan Hapus Tagih NPL UMKM

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.