Sinyal dari India Bisa Memantik Denyut Saham Emiten Batu Bara?

Langkah India untuk memenuhi stok batu bara dalam negerinya dengan memacu impor dapat mendatangkan cuan bagi produsen batu bara Indonesia. Lantas, apakah situasi tersebut dapat memantik kembali saham sektor batu bara kembali meroket?

Asteria Desi Kartikasari

11 Jan 2023 - 15.53
A-
A+
Sinyal dari India Bisa Memantik Denyut Saham Emiten Batu Bara?

Alat berat memindahkan batu bara ke dump truck di tambang batubara yang dioperasikan oleh PT Khotai Makmur Insan Abadi di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA— Menyusul sentimen kemesraan China dan Australia, sinyal katalis tambahan muncul dari India. Kendati langkah India untuk menambah stok batu bara dapat menjadi sinyal positif bagi emiten batu bara Tanah Air, namun tidak serta merta akan memberikan efek kejut terhadap denyut saham sektor batu bara.

Apalagi, kabar dibukanya keran impor batu bara China dari Australia menjadi sentimen negatif utama yang melemahkan kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) di awal tahun ini, dengan sektor energi sebagai pemberat.  Meskipun sektor komoditas emas hitam tersebut dinilai masih potensial.

Singkat cerita Pemerintah India, seperti dilaporkan Bloomberg dikutip Rabu (11/1/2023), berencana mendongkrak pasokan untuk persediaan stok cadangan batu bara nasional. Langkah tersebut diambil untuk mengurangi potensi kekurangan pasokan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) selama musim panas.

Dalam hal ini, Kementerian Tenaga Listrik India menginstruksikan perusahaan pembangkit listrik perlu mengimpor 6 persen dari permintaan batu bara mereka berdasarkan berat hingga September. “[Ini] untuk mempertahkan operasional agar lancar,” kata kementerian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.