Bisnis, JAKARTA — Sejumlah langkah bisnis yang ditempuh oleh emiten-emiten sektor telekomunikasi akhir-akhir ini dinilai dapat menjadi penopang bagi peningkatan kinerja jangka panjang, meski pada paruh pertama tahun ini laba mereka terlihat mulai menurun.
Langkah bisnis tersebut di antaranya adalah penyesuaiah harga paket data, aksi korporasi berupa merger dan akuisisi, hingga ekspansi di sejumlah bisnis digital. Strategi yang ditempuh masing-masing emiten untuk meningkatkan daya saingnya dapat menjadi pendorong bagi peningkatan margin mereka.
Sejumlah analis mencatat beberapa emiten operator telekomunikasi atau telco telah melakukan peningkatan harga paket data. Keputusan ini diyakini dapat memperkuat kinerja mereka.
Analis Samuel Sekuritas, Paula Ruth, dalam risetnya mencatat bahwa anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) telah meningkatkan harga salah satu paket data penggunaan ringan dan sedang sebanyak 5 persen pada awal Oktober 2022 menjadi Rp46.500.