Sinyal Kebangkitan Pembiayaan Kendaraan Seken

Laju permintaan pembiayaan untuk kendaraan ‘tangan kedua’ atau seken telah menunjukan tren pemulihan meskipun belum pulih sepenuhnya. Hanya saja, tren kendaraan terutama kelompok roda dua mulai membaik.

Asteria Desi Kartikasari

3 Jun 2022 - 17.30
A-
A+
Sinyal Kebangkitan Pembiayaan Kendaraan Seken

Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dipamerkan di Jakarta, Minggu (24/4/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA— Laju permintaan pembiayaan untuk kendaraan ‘tangan kedua’ atau seken telah menunjukan tren pemulihan meskipun belum pulih sepenuhnya.  Hanya saja, tren kendaraan terutama kelompok roda dua mulai membaik.

Kondisi tersebut tercermin dari data  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai dengan Maret 2022. Tercatat piutang pembiayaan untuk roda dua bekas sebesar Rp18,5 triliun atau tumbuh 10,15 persen year-on-year (YoY). Sementara untuk piutang untuk mobil bekas masih mengalami kontraksi.

Adapun total piutang pembiayaan mobil seken senilai Rp53,68 triliun atau minus 4,08 persen jika dibandingkan dengan posisi Maret 2021 senilai Rp55,97 triliun. 

Meski begitu, perusahaan multifinance telah melihat sinyal perbaikan permintaan dari bisnis kendaraan seken. Emiten pembiayaan PT Buana Finance Tbk. (BBLD), misalnya mencatat peningkatan kinerja pada periode kuartal I/2022, baik dari sisi total aset maupun laba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Sinyal Kebangkitan Pembiayaan Kendaraan Seken

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.