Sinyal Kuat APBN Perubahan

Soliditas fiskal negara sedang diuji. Aneka bantuan sosial (bansos) dadakan yang akan diperpanjang, hingga program pemerintahan baru akan memaksa otoritas fiskal untuk menyesuaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

Tegar Arief Fadly

23 Feb 2024 - 08.39
A-
A+
Sinyal Kuat APBN Perubahan

Bisnis, JAKARTA—Soliditas fiskal negara sedang diuji. Aneka bantuan sosial (bansos) dadakan yang akan diperpanjang, hingga program pemerintahan baru akan memaksa otoritas fiskal untuk menyesuaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

Apalagi, sinyal untuk melakukan APBN perubahan sangat kentara. Pasalnya, beberapa bansos rencananya akan diperpanjang, misalnya bantuan pangan yang awalnya hanya sampai Maret 2024 akan dilanjutkan hingga Juni 2024.

Kebutuhan mendadak itu memerlukan anggaran senilai Rp18 triliun—Rp20 triliun. Belum lagi kebutuhan subsidi pupuk senilai Rp14 triliun.

Tak hanya itu, APBN 2024 mau tak mau juga perlu mengakomodasi program rezim baru yang akan mulai bekerja pada Oktober mendatang. Jika mengacu pada data sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), maka pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berpeluang kuat menjabat sebagai presiden dan wakil presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.