Sinyal Menguat Pasar Gadget

Kurang sebulan menjelang Puasa, masyarakat sudah mulai mencari dan membeli barang-barang kebutuhan Puasa dan Lebaran, termasuk smartphone.

Fatkhul Maskur

1 Mar 2023 - 17.04
A-
A+
Sinyal Menguat Pasar Gadget

Erajaya Digital menghadirkan konsep ritel baru Erafone & More. Foto Erajaya

Bisnis, JAKARTA - Setelah ngedrop untuk pertama kalinya sejak 13 tahun bertumbuh, pasar ponsel pintar Indonesia diproyeksikan kembali menguat pada tahun ini. Jelang sebulan memasuki Puasa dan Lebaran, smartphone menjadi salah satu produk yang dicari dan dibeli.

Menurut International Data Corporation’s (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, pasar smartphone Indonesia sepanjang tahun lalu mengalami penurunan 14,3% year over year (yoy) menjadi 35 juta unit.  Penurunan ini menghapus pertumbuhan 3 tahun terakhir, karena ukuran pasar turun ke bawah level 2018–2019.

IDC sempat memproyeksikan pasar smartphone Indonesia pada tahun lalu mencapai 44 juta unit, atau tumbuh sebesar 8% seiring dengan peningkatan pasokan. Akan tetapi, pada kuartal pertama saja, pasar telah turun 17,3% menjadi hanya 8,9 juta unit. Penurunan berlanjut pada kuartal berikutnya.

Pada kuartal keempat 2022, pasar menurun 17,6%, disertai dengan pertumbuhan kuartalan 3,9%, mencapai 8,5 juta unit. Pertumbuhan triwulanan ini terutama didorong oleh peluncuran produk dan upaya promosi, meskipun permintaan konsumen masih lemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.