Sinyal Optimisme Emiten di Balik Kucuran Capex Jumbo

Beberapa emiten telah mengucurkan belanja modal besar-besaran untuk kebutuhan investasi sepanjang 9 bulan tahun ini, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang direalisasikan pada periode yang sama tahun lalu.

Tim Redaksi

6 Nov 2023 - 18.22
A-
A+
Sinyal Optimisme Emiten di Balik Kucuran Capex Jumbo

Ilustrasi capex. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah emiten telah menggelontorkan dana jumbo untuk belanja modal hingga kuartal ketiga tahun ini, menunjukkan tingginya optimisme emiten terhadap prospek bisnis jangka menengah-panjang di tengah kondisi ekonomi terkini yang sejatinya masih penuh ketidakpastian.

Sebagai contoh, duo emiten Grup Astra, yakni PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) dan PT United Tractors Tbk. (UNTR) membukukan pertumbuhan belanja modal atau capital expenditure (capex) yang tinggi hingga kuartal III/2023.

Direktur Astra Otoparts, Wanny Wijaya, mengatakan bahwa selama Januari—September 2023, AUTO telah menyerap belanja modal sebesar Rp386 miliar. Realisasi ini tumbuh 94% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Serapan belanja modal sampai akhir tahun ini mayoritas digunakan untuk meningkatkan kapabilitas dan maintenance rutin manufaktur kami, sehingga produktivitasnya selalu meningkat," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (5/11/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Sinyal Optimisme Emiten di Balik Kucuran Capex Jumbo

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.