Sinyal Optimisme Emiten Semen BUMN di Balik Dividen Jumbo

Emiten Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada sektor semen kompak membagikan dividen untuk tahun buku 2022, menunjukan sinyal optimisme mereka terhadap prospek bisnis semen tahun ini.

Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra

23 Mei 2023 - 16.48
A-
A+
Sinyal Optimisme Emiten Semen BUMN di Balik Dividen Jumbo

Ilustrasi produksi semen. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Naiknya laba bersih emiten semen milik negara sepanjang 2022 lalu meningkatkan optimisme mereka untuk menyetor dividen yang lebih tebal kepada pemegang sahamnya. Kalangan analis pun secara umum masih tetap optimistis terhadap prospek sektor ini tahun ini.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) atau SIG resmi membagikan dividen sebesar Rp1,65 triliun atau setara 70 persen dari laba bersih tahun buku 2022. Jumlah dividen yang ditebar SMGR pun meningkat 61 persen dari Rp1,02 triliun untuk tahun buku 2021.

SMGR mencatatkan peningkatan laba tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk 15,54 persen dari Rp2,04 triliun menjadi Rp2,36 triliun sepanjang 2022.

Padahal, pendapatan SMGR turun 0,88 persen dari Rp36,7 triliun menjadi Rp36,37 triliun secara year-on-year (YoY) pada 2022. Adanya kenaikan laba bersih disebabkan oleh turunnya beberapa pos beban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Sinyal Optimisme Emiten Semen BUMN di Balik Dividen Jumbo

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.