Sinyal Pemulihan Bisnis Emiten Sektor Ritel Makin Menguat

Data ekonomi terkait penjualan eceran yang membaik bisa menjadi katalis bagi emiten-emiten peritel yang telah menyiapkan strategi untuk menangkap peluang tersebut. Namun, investor tetap perlu berhati-hati dalam mengoleksi saham sektor ini.

Emanuel Berkah Caesario

9 Mar 2023 - 21.29
A-
A+
Sinyal Pemulihan Bisnis Emiten Sektor Ritel Makin Menguat

Ilustrasi bisnis ritel. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah data penjualan eceran memperlihatkan hasil positif menjelang Ramadan dan Lebaran. Di satu sisi hal ini menjadi indikasi positif bagi peningkatan kinerja emiten ritel. Namun, di sisi lain, tantangan akibat ketidakpastian global masih berpotensi menghambat laju pertumbuhan sektor ini.

Survei penjualan eceran Bank Indonesia memperkirakan indeks penjualan riil (IPR) pada Februari 2023 akan mencapai 205,2 atau naik 2,6 persen year-on-year (YoY). Angka itu berkontraksi secara bulanan daripada Januari 2023, tetapi lebih baik secara tahunan karena IPR pada Januari 2023 yang mencapai 208,2 terkontraksi 0,6 persen YoY.

Di sisi lain, survei konsumen Februari 2023 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat. Hal tersebut terindikasi dari indeks keyakinan konsumen (IKK) Februari 2023 sebesar 122,4.

Angka itu tetap terjaga pada level optimistis, meskipun IKK sedikit menurun dibandingkan 123,0 pada Januari 2023. Di sisi lain, IKK Februari 2023 lebih tinggi dibandingkan dengan setahun sebelumnya yakni 113,1 pada Februari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.