Sinyal Pemulihan Kredit Terkonfirmasi

Sinyal penyaluran kredit oleh perbankan untuk mendukung pemulihan sektor riil terus menguat. Hingga penghujung tahun ini, Otoritas Jasa Keuangan memproyeksikan pembiayaan yang disalurkan bisa melaju hingga 4,5%.

Dionisio Damara & Rika Anggreini
Dec 16, 2021 - 7:30 AM
A-
A+
Sinyal Pemulihan Kredit Terkonfirmasi

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meyakini pertumbuhan penyaluran kredit hingga akhir tahun ini dapat mencapai 4,5% seiring dengan membaiknya perekonomian dan kembali percaya dirinya dunia usaha untuk menarik kredit dari bank.

Keyakinan itu tecermin dari angka sementara penyaluran kredit oleh industri perbankan yang mencapai 3,98% hingga awal Desember 2021. Sementara itu, permintaan kredit pada kuartal terakhir menunjukan tren peningkatan.

“Artinya, ini sudah bisa diduga bahwa year-to-date akan lebih tinggi lagi sampai dengan Desember dan kami perkirakan bisa sekitar 4,5%,” ujar Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso saat menjadi salah satu pembicara kunci dalam acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2022 yang berlangsung pada Rabu (15/12).

Dengan pertumbuhan hingga 3,98% pada awal Desember tahun ini, nilai kredit yang disalurkan jika dihitung dengan capaian pada Desember 2020  diperkirakan menyentuh Rp5.768,41 triliun sampai dengan akhir tahun ini.

Editor: Emanuel Berkah Caesario
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini