Sinyal Positif China bagi Gerak Harga Minyak Mentah & CPO

Harga minyak dunia memanjat setelah China kembali melonggarkan kebijakan Zero Covid-19. Kondisi ini akan berpengaruh pada harga komoditas lain seperti CPO dan minyak kedelai, terutama menjelang liburan Tahun Baru Imlek pada Januari, yang biasanya merupakan periode puncak perjalanan dan konsumsi.

Asteria Desi Kartikasari

6 Des 2022 - 13.18
A-
A+
Sinyal Positif China bagi Gerak Harga Minyak Mentah & CPO

Kilang minyak lepas pantai di Skotlandia/Bloomberg-Jason Alden

Bisnis, JAKARTA— Harga minyak dunia terpantau menguat setelah terkoreksi dalam dua hari terakhir di tengah indikasi pelonggaran kebijakan zero covid dari China. Meskipun investor juga masih mencermati dampak dari pembatasan harga minyak Rusia terhadap pasokan global. 

Berdasarkan data Bloomberg pada Selasa (6/12/2022), harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari tercatat naik 0,8 persen ke US$77,56 per barel. Sementara itu, harga minyak jenis Brent untuk setelmen Februari menguat 0,8 persen menjadi US$83,36 per barel.

Pergerakan harga minyak ini dipengaruhi oleh langkah pemerintah China yang mulai menghapus persyaratan tes Covid untuk ruang publik di Beijing. Hal ini semakin mendorong prospek pemulihan permintaan minyak setelah pemerintah China juga menghapus persyaratan serupa di beberapa wilayah lainnya.

Kebijakan Zero Covid tersebut telah menekan permintaan di sejumlah komoditas utama. Sebab China sebagai importir terbesar dari sebagian besar komoditas, mulai dari minyak mentah bijih besai, batu bara, minyak nabati seperti kedelai dan CPO. Sementara. Permintaan komoditas utama tersebut melambat pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Sinyal Positif China bagi Gerak Harga Minyak Mentah & CPO

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.