Sinyal Positif di Balik Marak Aksi Borong Saham oleh Direksi

Direksi hingga pengendali saham sejumlah emiten tampak aktif membeli saham emiten yang dipimpinnya, di tengah kejatuhan harga saham yang terjadi di pasar. Aksi ini dapat dibaca sebagai sinyal positif oleh investor, meski investor perlu tetap melakukan analisis secara mandiri pada emiten tersebut.

Emanuel Berkah Caesario

15 Jan 2023 - 13.16
A-
A+
Sinyal Positif di Balik Marak Aksi Borong Saham oleh Direksi

Ilustrasi transaksi saham direksi. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah petinggi emiten ramai membeli saham perusahaannya masing-masing di pasar modal pada awal tahun ini, di tengah tren koreksi harga yang terjadi. Hal ini dapat dibaca sebagai sinyal optimisme terhadap emitennya, maupun upaya untuk menjaga harga sahamnya tidak jatuh lebih dalam.

Aksi pembelian oleh direksi banyak terjadi di kalangan bank besar, antara lain di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA). Namun, direksi dari korporasi sejumlah sektor lain pun tidak kalah aktifnya.

Aksi beli ini sejatinya sudah terjadi sejak akhir tahun lalu, sejalan dengan kinerja pasar saham yang melemah. Turunnya harga sejumlah saham besar pada akhir tahun lalu hingga awal tahun ini memberikan ruang bagi kalangan direksi untuk membeli saham emiten di harga diskon.

Umumnya, pembelian oleh direksi memberikan sentimen positif bagi pasar. Direksi adalah pihak yang mengetahui persis kinerja emiten, rencana bisnisnya, peluang usaha, tantangan, dan kondisi fundamental emiten secara umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.