Sinyal Positif Geliat Dunia Usaha dari Penjualan Setrum PLN

Aktivitas bisnis dan dunia usaha yang sempat redup pada 2020 sudah mulai bergairah kembali pada 2021, bahkan terus melaju meskipun Indonesia masih harus berjibaku melawan virus corona yang terus bermutasi.

Ibeth Nurbaiti

18 Feb 2022 - 01.30
A-
A+
Sinyal Positif Geliat Dunia Usaha dari Penjualan Setrum PLN

Teknisi melakukan perawatan jaringan listrik di Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/2/2022). PT PLN (Persero) mencatat konsumsi listrik sepanjang 2021 tercatat sebesar 255,1 terawatt hour (TWh), tumbuh 5,78% dibandingkan dengan konsumsi listrik 2020 sebesar 241,1 TWh. Konsumsi listrik 2021 pun telah mampu melampaui konsumsi pada masa prapandemi yang tercatat sebesar 243,1 TWh pada 2019. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Merebaknya pandemi Covid-19 yang diikuti dengan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada April 2020 telah menggerus konsumsi listrik nasional sepanjang 2020. Secara perlahan, konsumsi listrik kemudian mulai meningkat pada 2021.

Hal itu mengindikasikan bahwa aktivitas bisnis dan dunia usaha yang sempat redup pada 2020 sudah mulai bergairah kembali sejak tahun lalu, bahkan terus melaju meskipun Indonesia masih harus berjibaku melawan virus corona yang terus bermutasi.

Dampak positifnya, konsumsi listrik nasional juga terus bertumbuh, bahkan secara tahunan melampaui realisasi 2019 atau sebelum pandemi.

Sebagai gambaran, penurunan terdalam konsumsi listrik terjadi pada Mei 2020 yang anjlok 10,72 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Sinyal Positif Geliat Dunia Usaha dari Penjualan Setrum PLN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.