Sinyal Positif Melambatnya Pertumbuhan Dana Masyarakat di Bank

Setelah sempat tumbuh berlipat pada 2020, tren penghimpunan dana pihak ketiga diperkirakan memasuki single digit ke depan. Situasi itu memberi sinyal belanja masyarakat dan korporasi yang terus naik.

Rika Anggraeni & Stefanus Arief Setiaji

9 Nov 2021 - 13.48
A-
A+
Sinyal Positif Melambatnya Pertumbuhan Dana Masyarakat di Bank

Karyawan beraktivitas di dekat logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA —Perlambatan yang terjadi pada pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) di industri perbankan akhir-akhir ini menjadi kabar baik bagi perekonomian, sebab hal ini menjadi indikator peningkatan aktivitas belanja serta investasi masyarakat dan korporasi.

Dikutip dari laporan likuiditas edisi 31 Oktober 2021, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memproyeksikan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) akan cenderung melambat ke arah digit tunggal sejalan dengan perilaku deposan individual dan deposan korporasi yang cenderung mulai melakukan konsumsi dan investasi.

“Laju pertumbuhan DPK relatif melambat. Namun, kondisi likuiditas perbankan masih cukup longgar dan masih memberikan ruang bank untuk kembali menurunkan suku bunga simpanannya,” tulis laporan LPS yang dikutip Senin (8/11).

Kendati DPK masih tumbuh, tren perlambatan memang mulai terjadi sejak Agustus 2021. Data LPS mencatat pertumbuhan DPK pada Agustus 2021 sebesar 8,6% secara tahunan. Persentase itu lebih lambat dibandingkan periode Juli yang masih tumbuh 10,2%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.