Skenario Asuransi Jiwa Kala Tren Klaim Kesehatan Naik

Klaim kesehatan industri asuransi jiwa terpantau naik lantaran naiknya inflasi biaya kesehatan.

Asteria Desi Kartikasari

24 Mei 2023 - 17.45
A-
A+
Skenario Asuransi Jiwa Kala Tren Klaim Kesehatan Naik

Karyawati beraktivitas di dekat logo-logo perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Jakarta./ Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA— Klaim kesehatan industri asuransi jiwa terpantau naik lantaran naiknya inflasi biaya kesehatan.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat klaim kesehatan meningkat 25,9 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp16,41 triliun pada 2022. Jika dibandingkan dengan 2021, klaim kesehatan mencapai Rp13,04 triliun. Perinciannya kesehatan perorangan mencapai Rp10,41 triliun atau naik 46,1 persen dari Rp7,12 triliun. 

Sementara kesehatan kumpulan naik 1,5 persen dari Rp5,91 triliun menjadi Rp6 triliun pada 2022. Di sisi lain, klaim meninggal dunia menurun 43,8 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp11,8 triliun pada 2022. Pada tahun sebelumnya klaim meninggal dunia mencapai Rp21,14 triliun.

Ketua Bidang Produk, Manajemen Risiko, GCG Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Fauzi Arfan membenarkan bahwa peningkatan klaim kesehatan naik signifikan pada 2022. Dia menyebutkan kondisi tersebut dipengaruhi oleh masyarakat yang banyak ke rumah sakit setelah pandemi Covid-19 mulai teratasi. Sebelumnya, yang masih cenderung takut untuk keluar rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Skenario Asuransi Jiwa Kala Tren Klaim Kesehatan Naik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.