Skutik Listrik Mob-ion AM1 Prancis Tersertifikasi AFNOR

Perusahaan rintisan asal Prancis, Mob-Ion resmi meluncurkan skuter metik listrik terbarunya, yakni AM1 yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Association Française de Normalization (AFNOR) sebuah sertifikasi paling ketat di Prancis.

Fatkhul Maskur

18 Jan 2022 - 14.00
A-
A+
Skutik Listrik Mob-ion AM1 Prancis Tersertifikasi AFNOR

Mob-Ion AM1. - ANTARA/thetwentyeight.net

Bisnis, JAKARTA - Perusahaan rintisan asal Prancis, Mob-Ion resmi meluncurkan skuter metik listrik terbarunya, yakni AM1 yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Association Française de Normalization (AFNOR) sebuah sertifikasi paling ketat di Prancis.

Untuk bisa mendapatkan sertifikat AFNOR ini, perusahaan harus setidaknya memiliki kandungan lokal sebesar 50 persen dan produksinya harus dilakukan di Prancis, seperti dikutip Antara dari Ride Aprt, Selasa (18/1/2022).

Mob-Ion AM1 hadir dengan baterai yang dibuat di Artigues-près-Bordeaux. Sementara itu, di pinggiran kota Nantes, semua sistem elektronik yang mengelilingi baterai dan powertrain dibuat dan diproduksi di sana.

Secara keseluruhan, sekitar 70 persen dari semua komponen skuter listrik diproduksi di Prancis. Dengan penambahan beberapa lini produksi, Mob-ion berencana untuk meningkatkan persentase ini di tahun-tahun mendatang.

Dari sudut pandang teknologi, skuter listrik bersertifikat L1e ini termasuk dalam kategori moped, digerakkan oleh motor dengan output nominal 3 kW. Hal ini didukung oleh dua baterai di bawah sadel yang memberikan jangkauan hingga 121 mil.

Baterai juga dapat terisi penuh hanya dalam dua setengah jam. AM1 dilengkapi dengan gigi mundur dan sistem GPS, serta fitur anti-pencurian yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan skuter dari jarak jauh dari smartphone atau komputer.

AM1 tersedia untuk disewa dengan biaya berlangganan bulanan sebesar 99 Euro. Jika Anda benar-benar menyukai skuter dan menginginkannya untuk diri sendiri, harganya berkisar 3.582.84 euro atau sekira Rp51,36 juta.

Pertengahan tahun lalu, Mob-ion memamerkan prototipe terbaru skuter bertenaga hidrogen AM1. Bermitra dengan STOR-H, perusahaan energi yang berfokus pada solusi hidrogen, prototipe AM1 menggunakan kartrid hidrogen yang dapat diganti untuk memberi daya pada motor 3kW AM1, daripada paket baterai lithium-ion.

Tenaga hidrogen menghilangkan kebutuhan untuk mengisi ulang skuter listrik. Dalam skenario yang tampak seperti sesuatu yang keluar dari The Jetsons, seseorang hanya akan melepas kartrid bekas saat hampir habis, menggantinya dengan yang baru, dan terus berputar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.