Solar Langka, Salah Siapa?

Solar termasuk dalam kategori jenis BBM tertentu yang disubsidi pemerintah sehingga dikarenakan menggunakan anggaran negara, peredarannya dibatasi berdasarkan kuota yang ditetapkan pemerintah.

Zufrizal

28 Mar 2022 - 19.41
A-
A+
Solar Langka, Salah Siapa?

Foto udara memperlihatkan sejumlah truk mengantre mengisi bahan bakar minyak jenis Solar bersubsidi dan menyebabkan kemacetan di SPBU Palapa, Kabupaten Padangpariaman, Sumatra Barat, Rabu (16/3/2022). Antrean kendaraan terjadi di sejumlah SPBU di provinsi itu karena bahan bakar solar bersubsidi cepat habis.-ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.

Bisnis, JAKARTA — Bahan bakar minyak jenis Solar bersubsidi di sejumlah daerah mengalami kelangkaan. Kendaraan-kendaraan mengantre hingga ratusan meter, bahkan kilometer.

Antrean mengular. Sama seperti ketika mak-mak mengantre minyak goreng murah di tengah kelangkaan bahan kebutuhan harian tersebut. Kalau pun ada, harganya menggila, membuat jatah belanja bulanan tergerus.

Upaya-upaya pemerintah untuk menurunkan harga minyak goreng tak bekerja dengan baik. Minyak goreng tetap saja mahal, sulit dicari pula. Diduga, minyak goreng yang ada, ditimbun oknum yang rakus mencari keuntungan. Tidak peduli kalau minyak itu menjadi salah satu bahan pokok sehari-hari. Kita belum terbiasa memasak tanpa minyak goreng sehari saja.

Seolah tak pernah kapok, para oknum yang tidak bertanggung jawab itu kini disebut-sebut menjadi aktor di balik kelangkaan BBM jenis Solar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.