Solusi Sementara Dongkrak Serapan Beras Negara

Langkah pemerintah mengejar target serapan 2,4 juta ton beras dimulai dengan aturan fleksibilitas harga gabah atau beras. Regulasi ini hanya bersifat sementara, sembari menunggu terbitnya beleid terkait Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

Rayful Mudassir

13 Mar 2023 - 18.55
A-
A+
Solusi Sementara Dongkrak Serapan Beras Negara

Buruh melakukan bongkar muat karung berisi beras di Gudang Bulog Divre Jawa Barat di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Senin (30/1/2023). Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah menerbitkan kebijakan fleksibilitas harga pembelian gabah di tingkat petani maupun penggilingan untuk mengejar target serapan 2,4 juta ton beras sebagai cadangan beras pemerintah. Namun, aturan ini hanya berlaku sementara.

Target tersebut diutarakan kembali oleh Presiden Joko Widodo akhir pekan lalu. Perintah tersebut naik dua kali lipat dibandingkan dengan target tahun lalu yakni 1,2 juta ton, meski realisasinya jauh dari harapan. 

Saat meresmikan Sentra Penggilingan Padi Sragen di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Jokowi meminta Perum Bulog menyerap gabah petani sebanyak mungkin. Langkah ini diperlukan agar cadangan pemerintah dapat mengendalikan harga di pasaran. 

“Tahun ini saya perintahkan kepada Bulog untuk siap dengan angka 2,4 juta ton, sehingga akan membawa stabilitas harga kita lebih baik,” pungkas Jokowi,” katanya pada Sabtu (11/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Solusi Sementara Dongkrak Serapan Beras Negara

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.