Free

Sosok Hendry Lie, Bos Sriwijaya Air yang Jadi Tersangka Korupsi Timah

PT Sriwijaya Air didirikan oleh Chandra Lie, Hendry Lie Johannes Bunjamin dan Andy Halim pada 10 November 2002.

Anshary Madya Sukma

29 Apr 2024 - 17.22
A-
A+
Sosok Hendry Lie, Bos Sriwijaya Air yang Jadi Tersangka Korupsi Timah

Bisnis, JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan pemilik Sriwijaya Air, Hendry Lie (HL) sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi timah di IUP PT Timah Tbk (TINS).

Dirdik Jampidsus Kejagung RI Kuntadi mengatakan bahwa HL sempat diperiksa sebagai saksi pada pekan lalu. Dia selaku beneficiary owner dan tersangka lainnya Fandy Lingga (FL) sebagai marketing PT Tinindo Internusa (TIN).

HL dan FL berperan untuk pengondisian pembiayaan kerja sama penyewaan alat peleburan timah. Agar seolah-olah legal, keduannya membentuk dua perusahaan boneka.

Baca juga: Profil Tjandra Mindharta, Komisaris Bank Neo Sejak Orba Berakhir

"HL dan FL keduanya turut serta dalam pengkondisian pembuayan kerja sama penyewaan peralatan processing peleburan timah sebagai bungkus aktivitas kegiatan pengambilan timah dari IUP PT Timah, dimana keduanya membentuk perusahaan boneka yaitu CV BPR dan CV SMS," katanya.

Dalam penetapan tersangka, Hendry Lie tidak langsung ditahan. Pasalnya, dia tidak bisa hadir karena berkaitan dengan kondisi kesehatannya. Namun demikian, Kuntadi menegaskan nantinya Hendry bakal dipanggil sebagai tersangka.

Mengutip dari situs resminya, PT Sriwijaya Air didirikan oleh Chandra Lie, Hendry Lie Johannes Bunjamin dan Andy Halim pada 10 November 2002.

Pria kelahiran Pangkal Pinang tahun 1965 ini sempat menggeluti usaha garmen sebelum memutuskan berkecimpung di bisnis maskapai.

 

 

Berdasarkan catatan Bisnis, Rabu (8/2/2023), Chandra Lie menyebut bahwa Sriwijaya Air merupakan perusahaan keluarga. Hendry Lie adalah kakak dari Chandral Lie. Sementara Andy Halim dan Fandy Lingga merupakan adik-adiknya.

"Berkat dorongan dan dukungan merekalah, saya bisa mencapai seperti saat ini. Dan yang tidak boleh saya lupakan adalah para founding father perusahaan ini. Selain kami bersaudara, juga ada Pak Sunaryo, Pak Johannes dan beberapa orang lain," kata Chandra Lie, Kamis (13/7/2023).

Baca juga: Profil Hendry Lie Bos Sriwijaya Air, Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah

Adapun beberapa tenaga ahli yang disebut turut merintis berdirinya Sriwijaya Air antara lain Supardi, Capt. Kusnadi, Capt. Adil W, Capt. Harwick L, Gabriella, Suwarsono dan Joko Widodo.

Dalam sejarah perusahaan, pesawat Sriwijaya Air tipe Boeing 737-200 memulai penerbangan pertamanya dari Jakarta-Pangkal Pinang, Jakarta-Jambi dan Jakarta-Pontianak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.