SP Pertamina Buka Suara Soal Kebakaran Tangki Kilang di Cilacap

Menurut SP Pertamina, sangat naif bila menuduh pekerja sengaja melakukan pembakaran tangki/kilang yang notabene merupakan ladang sumber penghasilan para pekerja.

Zufrizal

19 Nov 2021 - 05.46
A-
A+
SP Pertamina Buka Suara Soal Kebakaran Tangki Kilang di Cilacap

Bisnis, JAKARTA — Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) Jakarta menyebutkan bahwa tuduhan ada unsur kesengajaan dalam peristiwa kebakaran pada tangki Pertalite di kilang minyak Pertamina RU IV di Cilacap, Jawa Tengah, beberapa hari yang lalu, melukai hati pekerja.

"Tuduhan adanya unsur kesengajaan sebagai penyebab terbakarnya kilang minyak di Cilacap tuduhan keji dan tak berdasar sehingga melukai dan menyakiti hati pekerja Pertamina," kata Ketua Umum SPPSI Jakarta Muhamad Anis melalui keterangan seperti dikutip dari Antara, Jumat (19/11/2021).

Menurutnya, sangat naif bila menuduh pekerja sengaja melakukan pembakaran tangki/kilang yang notabene merupakan ladang sumber penghasilan para pekerja.

Malahan disebutkan Anis, dalam kondisi pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir, pada saat sebagian perusahaan lain melaksanakan program bekerja dari rumah, pekerja Pertamina gigih menjalankan tugas mengamankan pasokan energi baik di kilang, depot, pelosok hutan, maupun tengah laut.

"Mereka tetap bekerja berjibaku bertaruh nyawa dengan Covid-19 walaupun tidak ada insentif khusus dari perusahaan sebagai kompensasi atas situasi yang tidak normal tersebut, tetapi mereka tetap bekerja dengan ikhlas," ujarnya.

Infografis | Pertamina

Menurut Anis, faktor alam sangat memungkinkan sebagai penyebab kebakaran mengingat saat kejadian sedang terjadi hujan yang disertai petir meski saat ini penyebab kebakaran resmi masih menunggu hasil investigasi baik oleh internal Pertamina, maupun dari pihak eksternal serta penegak hukum.

Di sisi lain, Anis mengapresiasi upaya pemadaman yang dilakukan tim penanggulangan bencana kebakaran tangki RU IV Cilacap yang atas kesigapannya, kebakaran itu tak meluas dan api dapat dipadamkan pada Minggu (14/11/2021) pagi, setelah berkobar sekitar 12 jam.

Dia juga menyesalkan adanya pihak-pihak yang menganggap musibah kebakaran tangki Pertalite di Cilacap merupakan sebuah kesengajaan yang dinilai sebagai upaya memperbesar kuota impor.

Faktanya dengan adanya insiden tersebut tidak memengaruhi operasional kilang, crude distiller tetap beroperasi normal dan belum pada kapasitas maksimum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.