'SPBU Berjalan' Pertamina, Penyelamat Pemudik yang Habis Bensin di Tengah Jalan

Program SPBU berjalan Pertamina berlangsung dari 25 Maret hingga 22 April 2024.

Surya Dua Artha Simanjuntak

9 Apr 2024 - 21.03
A-
A+
'SPBU Berjalan' Pertamina, Penyelamat Pemudik yang Habis Bensin di Tengah Jalan

Petugas mempersiapkan jeriken bahan bakar minyak (BBM) untuk pemudik yang melintas di exit tol fungsional Solo-Yogyakarta, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2024). PT Pertamina menyediakan petugas siaga bahan bakar minyak di dua titik pada jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta untuk membantu pengendara jika dalam kondisi darurat kehabisan BBM. - Foto JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, KLATEN - Tak jarang para pemudik kendaraan pribadi kehabisan bahan bakar di tengah jalan, entah karena terjebak macet atau lupa cek volume bensin. PT Pertamina (Persero) sebagai pemasok utama BBM sadar betul momok para pemudik tersebut.

Pada momen Lebaran 2024 ini, Pertamina menyedikan layanan ‘SPBU berjalan’. Sejumlah motoris disiapkan untuk mengantar bahan bakar bagi pemudik yang kehabisan bensin di tengah jalan--meski di dalam tol sekalipun.

Indra Bayu merupakan salah satu motoris Pertamina. Indra diposkan di Exit Tol Ngawen, Klaten, Jawa Tengah.

Dia mengungkapkan, program ini berlangsung dari 25 Maret hingga 22 April 2024. Menurutnya, para motoris Pertamina disiagakan di titik-titik panas arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Yang banyak itu malah di Rest Area," ujar Indra ketika ditemui Bisnis di Exit Tol Ngawen, Selasa (9/4/2024).

Pria berusia 39 tahun ini menjelaskan, layanan motoris ini tidak menyediakan BBM bersubsidi. Para motoris hanya membawa tiga jenis bensin yaitu Pertamax, Pertamax Turbo, dan Dexlite.

Meski diantar langsung ke konsumen, Indra memastikan tidak ada tambahan biaya ketika gunakan jasa motoris ini. Patokan harganya tetap seperti yang ada di SPBU biasa.

"Ini harganya saya ambil di pom [SPBU] itu. Jadi tanpa imbalan, tanpa tip lah," jelasnya.

Baca juga:

Lonjakan Konsumsi BBM Pertamina Melesat, Pertamax Paling Tinggi

Dirut Pertamina Pastikan Suplai Avtur Penuhi Kebutuhan Masa Mudik

Indra sendiri membawa tiga buah wadah di motornya yang masing-masing berisi 10 liter Pertamax, Pertamax Turbo, dan Dexlite. Layanan motoris, sambungnya, memang hanya memperbolehkan pelanggan mengisi maksimal 10 liter bensin.

Selain motor, Indra mengungkapkan koleganya juga ada yang menggunakan mobil bak terbuka untuk antarkan bensin kepada pemudik yang memerlukan.

Dia menjelaskan, cara memesan layanan motoris Pertamina bisa dengan menghubungi pusat panggilan Pertamina di 135. Selain itu, tak jarang pihak kepolisian yang mengontak petugas motoris.

"Ini kan banyak yang jaga, polisi kan. Biasanya dia info-info. Kayak kemarin dia info di Kuncen ada kehabisan," ungkap Indra.

Dia mengungkapkan, layanan motoris berjalan bekerja lewat dua shift. Setiap harinya, layanan motoris Pertamina tersedia pada pukul 07.00 hingga 23.59 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.