SPEKTRUM : Deepfake & Erosi Kepercayaan Publik

Di era informasi yang makin canggih, munculnya teknologi deepfake telah membawa kita ke ambang revolusi baru dalam cara kita memahami kebenaran dan realitas.

M. Taufikul Basari

5 Feb 2024 - 08.47
A-
A+
SPEKTRUM : Deepfake & Erosi Kepercayaan Publik

M. Taufikul Basari, Content Manager Bisnis Indonesia

Isu kerawanan penggunaan kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) kembali mengemuka beberapa hari ini setelah kasus yang menimpa Taylor Swift. Gambar Taylor Swift palsu dan eksplisit secara seksual yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan menyebar ke platform media sosial, khususnya X.

Gambar atau video manusia nyata yang dibuat dengan AI ini umumnya disebut deepfake, dan kini kian umum ditemui di internet. Tak hanya di dunia hiburan, deepfake juga bisa berpengaruh besar terhadap dunia politik.

Deepfake merupakan salah satu tipe kecerdasan buatan yang menggunakan metode deep learning dengan algoritma generative adversarial network (GAN). Teknologi deepfake digunakan untuk membuat foto, video, hingga audio yang mirip dengan kenyataan di sekitar kita.

Di era informasi yang makin canggih, munculnya teknologi deepfake telah membawa kita ke ambang revolusi baru dalam cara kita memahami kebenaran dan realitas. Deepfake, dengan kemampuannya untuk menciptakan video yang sangat meyakinkan dan sulit dibedakan dari kenyataan, telah menimbulkan kekhawatiran serius tentang dampaknya terhadap kepercayaan publik terhadap media dan informasi secara umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.