SPEKTRUM : Dini Merencanakan Pensiun

Hasil survei GoBear Financial Health Index pada 2019 menggambarkan betapa rendahnya kesadaran rencana keuangan masyarakat di Indonesia. Lalu pertanyaannya, mulai kapan kita harus merencanakan pensiun?

Nindya Aldila

22 Nov 2022 - 09.34
A-
A+
SPEKTRUM : Dini Merencanakan Pensiun

Nindya Aldila, Content Manager Assistant Bisnis Indonesia

Suatu waktu, saya diberi soal studi kasus oleh seorang dosen tentang cara mengatur keuangan sebuah keluarga yang terdiri dari bapak, ibu, dan dua orang anak yang masih sekolah. Keluarga ini dikaruniai pendapatan Rp85 juta per bulan.

Di soal itu sudah diperinci setiap pengeluaran plus cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan atau tahun. Salah satu pertanyaan yang mesti dijawab adalah perintah untuk membuat rencana keuangan pensiun bagi pasangan suami istri dari keluarga ini.

Awalnya, saya pikir ini bukan perkara sulit. Saya memutuskan untuk menggunakan prinsip alokasi keuangan yang terdiri dari 40% kebutuhan, 30% cicilan, 20% tabungan atau investasi, dan 10% untuk amal.

Di sela-sela mengerjakan soal tersebut, saya menyadari dua hal. Pertama, saya sendiri belum pernah membuat catatan cash flow serapi ini buat diri saya. Kedua, besarnya pendapatan pasti selalu diiringi dengan besarnya pengeluaran, termasuk cicilan utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.