SPEKTRUM : Ekonomi Haji

Dorongan soal transformasi manajemen dana haji acapkali mengemuka, terutama terkait dengan peluang investasi langsung.

Nindya Aldila

16 Jun 2023 - 08.41
A-
A+
SPEKTRUM : Ekonomi Haji

Menjelang puncak ibadah haji pada akhir Juni 2023, mungkin menjadi waktu yang cocok untuk memikirkan kembali cara mengoptimalkan investasi dana haji, khususnya setelah keputusan kenaikan biaya haji tahun ini.

Sebagai gambaran, Indonesia sebagai negara dengan jemaah haji dan umrah terbesar di dunia setiap tahunnya, memiliki tempat yang spesial bagi Arab Saudi.

Sayangnya, kerja sama perdagangan dan investasi kedua negara belum mencerminkan potensi sebenarnya. Padahal, dengan dana kelolaan haji senilai Rp166 triliun yang dipegang oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), peluang investasinya sangat masif.

Selain itu, rencana Kerajaan Saudi menambah kuota jemaah haji internasional hingga tiga kali lipat dalam 10 tahun mendatang bisa menjadi peluang emas bagi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.