SPEKTRUM : EV, Tak Sekadar Adaptasi

Setelah terbit Instruksi Presiden No.7/2022 yang mengatur kewajiban penggunaan kendaraan listrik untuk dinas operasional Pemerintah, boleh jadi, kian banyak orang serius mengulik info dan reviu kendaraan listrik .

Roni Yunianto

23 Sep 2022 - 06.26
A-
A+
SPEKTRUM : EV, Tak Sekadar Adaptasi

Menjelang Hari Listrik Nasional yang jatuh pada 27 Oktober, perhatian khalayak di Indonesia makin menguat terhadap kebijakan pemerintah seputar kendaraan listrik alias electric vehicle (EV).

Terlebih lagi, setelah terbit Instruksi Presiden No.7/2022 yang mengatur kewajiban penggunaan kendaraan listrik untuk dinas operasional Pemerintah. Boleh jadi, kian banyak orang kini serius mengulik info dan reviu kendaraan listrik yang telah hadir maupun yang baru meluncur di pasaran.

Meskipun isu EV ini sudah bergulir lama, pada kenyataannya sebagian orang baru menyadari beberapa insentif bagi pengguna seperti cukup membayar 10 persen pajak kendaraan dan privilese lainnya. Terakhir, ada rencana pemberian subsidi untuk konversi dari kendaraan berbahan bakar minyak ke EV yang juga tengah dimatangkan Pemerintah.

Sebagian masyarakat yang selama ini acuh tak acuh kemudian “terprovokasi” untuk melek EV, meski belum semua agen pemegang merek agresif dalam mempromosikannya. Di sisi lain, nyatanya, harga kendaraan listrik di dalam negeri masih terbilang mahal daripada harga EV yang dijual di negara tetangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.