SPEKTRUM: Ilusi Makan Siang Gratis

No such thing as a free lunch menjadi idiom yang tengah dilawan oleh Capres yang akan terpilih, Prabowo Subianto. Melalui program spektakulernya, makan siang dan susu gratis, idiom ini coba dinafikan.

Rinaldi Azka

29 Feb 2024 - 09.11
A-
A+
SPEKTRUM: Ilusi Makan Siang Gratis

Pasangan Prabowo-Gibran. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Frasa atau idiom ini merupakan inti dari novel fiksi ilmiah tahun 1966 karya Robert A. Heinlein, ‘The Moon Is a Harsh Mistress’, yang membuatnya populer.

Ekonom pasar bebas Milton Friedman juga meningkatkan penggunaannya dengan memparafrasekannya sebagai judul buku pada 1975, dan digunakan dalam literatur ekonomi untuk menggambarkan biaya peluang.

Frasa ini pun populer, dalam berbagai disiplin ilmu. Maknanya, kurang lebih jika seseorang atau kelompok mendapatkan sesuatu secara cuma-cuma, maka orang lain yang akan membayarnya atau dibayarkan dalam bentuk lain oleh si penerima dalam kesempatan yang lain.

Penggunaan frasa ini kemudian cukup tepat dilakukan oleh Perdana Menteri Hungaria Ferenc Gyurcsány demi membenarkan reformasi sosialnya pada pertengahan 2000-an. Sebagai negara pasca-sosialis, Hungaria berjuang melawan ilusi bahwa negara adalah negara yang peduli, memberi, dan mandiri, alih-alih menjadi perwujudan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.