SPEKTRUM : Jangan Remehkan Omicron

Jika dibandingkan dengan varian Delta yang menyerang sistem pernapasan dan memicu anosmia hingga saturasi turun, memang Omicron jauh lebih ringan. Omicron disebut lebih mirip dengan flu. Inilah yang juga membuat orang salah duga hanya terkena flu.

Mia Chitra Dinisari

8 Mar 2022 - 08.01
A-
A+
SPEKTRUM : Jangan Remehkan Omicron

Omicron/Kalbarpro go id

Kebanyakan orang menganggap enteng Covid-19 varian Omicron karena gejalanya ringan. Namun, nyatanya tidak semua penderita mengalami gejala yang ringan.

Jika dibandingkan dengan varian Delta yang menyerang sistem pernapasan dan memicu anosmia hingga saturasi turun, memang Omicron jauh lebih ringan.

Omicron disebut lebih mirip dengan flu. Inilah yang juga membuat orang salah duga hanya terkena flu, sehingga enggan melakukan tes dan penyebaran pun tidak disadari.

Tetapi, bagi mereka yang komorbid, belum divaksin, lansia, serta anak-anak varian yang satu ini tetaplah berbahaya. Sejumlah pakar dan dokter sudah mengungkapkan fakta-faktanya.

Varian ini pun memakan korban jiwa. Menurut data Kemenkes, kasus meninggal akibat Omicron 66% dari mereka belum disuntik vaksin.

Gara-gara Omicron, kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat tajam bahkan melampaui Delta. Ini menjadi salah satu sinyal Omicron tidak bisa diremehkan begitu saja.


Omicron/theguardian

Ada beberapa alasan Omicron tidak bisa diremehkan hanya karena berlabel gejala ringan.

Pertama, tingkat penularannya yang sangat cepat sehingga membuat kasus melonjak tajam.Kedua, Omicron disebut ‘kebal vaksin’ atau mampu menurunkan efektivitas vaksin. Karena itulah sejumlah negara langsung menerapkan vaksin booster. Di Indonesia, booster yang semula diberikan 6 bulan setelah vaksin primer dosis dua, jaraknya dipangkas menjadi 3 bulan setelah vaksin kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.