SPEKTRUM : Karpet Biru Demokrat untuk Puan

Karpet biru, bukan karpet merah. Itulah yang akan dipersiapkan Partai Demokrat menyambut rencana pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Nancy Junita

15 Jun 2023 - 10.18
A-
A+
SPEKTRUM : Karpet Biru Demokrat untuk Puan

Sketsa Nancy Junita

Karpet biru, bukan karpet merah. Itulah yang akan dipersiapkan Partai Demokrat menyambut rencana pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Memang, belum diketahui pasti kapan keduanya akan bertemu di tengah kesibukan partai politik (parpol) menjalin komunikasi dan kerja sama menjelang pemilihan umum presiden (Pilpres) 2024.

Tapi, setidaknya rencana pertemuan AHY dan Puan Maharani memunculkan pertanyaan: “Inikah pertanda hubungan Megawati dan SBY pulih?”

Seperti diketahui, Puan adalah putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang juga Presiden ke-5 Indonesia, sementara AHY adalah putra dari Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY yang tak lain adalah Presiden ke-6 Indonesia.

Baca juga: Genre Alternatif

Adapun, hubungan SBY dan Megawati ini “panas dingin” sejak SBY menggantikan Megawati sebagai Presiden RI setelah memenangkan Pilpres 2004.

SBY pun sempat menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam) pada era Kabinet Gotong Royong semasa pemerintahan Megawati dan Hamzah Haz.

Kalah pada Pilpres 2004, Megawati sekali lagi bertarung melawan SBY yang berpasangan dengan Boediono pada Pilpres 2009. Kali ini Megawati berpasangan dengan Prabowo Subianto, tapi putri Proklamator Soekarno ini kembali kalah.

Kini, setelah empat kali pilpres, Puan menyebut AHY masuk bursa calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo saat parpol itu menggelar rapat kerja nasional (rakernas) awal Juni.

Kabar AHY masuk bursa cawapres Ganjar muncul saat Demokrat mendesak Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) segera mengumumkan cawapres Anies. Putra sulung SBY ini disebut-sebut bakal cawapres kuat mendampingi Anies.

AHY menghargai penyebutan namanya oleh Puan masuk ke dalam bursa cawapres Ganjar, tapi Wakil Sekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon menegaskan bahwa pihaknya akan tetap setia pada KPP.

Berawal dari nama AHY masuk bakal cawapres Ganjar, kini komunikasi kedua parpol menghangat, meski masing-masing sudah mengusung capres. Demokrat bersama PKS, Partai Nasdem yang tergabung dalam KPP mengusung Anies Baswedan. Sementara, PDIP bersama PPP dan Perindo mengusung Ganjar.

SBY yang menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat menyambut baik rencana pertemuan AHY dengan Puan yang telah diawali pertemuan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dengan Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya pada Minggu (11/6/2023) di Jakarta.

Rencana pertemuan Puan dan AHY boleh jadi hanya gimmick politik dengan latar belakang kepentingan pragmatis antara parpol pemerintah dan oposisi. Kedua parpol saling membutuhkan. Dengan pertemuan itu Demokrat mempunyai bargaining yang tinggi di Koalisi Perubahan dalam penentuan cawapres. Kemungkinan lain, Puan dan AHY ingin bekerjasama pada masa depan, karena era SBY dan Megawati adalah masa lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.