SPEKTRUM : Startup Megap-Megap

Kilau bisnis perusahaan rintisan atau startup di Indonesia yang mengilat saat pandemi 2 tahun silam justru mulai meredup setelah Tanah Air bergerak menuju ke arah endemi Covid-19.

Rio Sandy Pradana

22 Jun 2022 - 06.33
A-
A+
SPEKTRUM : Startup Megap-Megap

-

Kilau bisnis perusahaan rintisan atau startup di Indonesia yang mengilat saat pandemi 2 tahun silam justru mulai meredup setelah Tanah Air bergerak menuju ke arah endemi Covid-19.

Pandemi telah menjadi katalis bagi mesin digitalisasi yang membuat masyarakat Indonesia mulai akrab dengan berbagai layanan vertikal startup. Bisnis startup yang sedang tumbuh otomatis menuntut serapan talenta digital yang tinggi. Sekadar informasi, menurut catatan Startup Ranking, jumlah startup di Indonesia mencapai 2.219 entitas pada 2021.

Berdasarkan data Bank Dunia, Indonesia mengalami kesenjangan talenta digital dengan kebutuhan 9 juta talenta dalam 15 tahun, atau rata-rata 600.000 talenta setiap tahunnya. Dampaknya, startup jorjoran menggaji karyawannya demi mendapatkan talenta digital terbaik atau praktik saling ‘bajak’ pegawai antar startup.

Mengutip laporan Monk’s Hill Ventures dan Glints 2021, lulusan baru engineer dengan posisi Junior Software di Indonesia bergaji US$300—US$1.000, sedangkan posisi Junior Mobile Developer mengantongi US$500—US$1,400 per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

SPEKTRUM : Startup Megap-Megap

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.