SPEKTRUM : Subsidi untuk Orang Kaya

Hulu persoalan elektrifikasi kendaraan bermotor merupakan problem global dan nasional dalam menekan tingkat emisi karbon. Selain persoalan karbon, latar belakang proyek elektrifikasi otomotif menyangkut pula program penghiliran mineral, yakni mengubah cadangan nikel sebagai bahan baku baterai kendaraan.

Kahfi

7 Nov 2022 - 03.21
A-
A+
SPEKTRUM : Subsidi untuk Orang Kaya

Hulu persoalan elektrifikasi kendaraan bermotor merupakan problem global dan nasional dalam menekan tingkat emisi karbon. Salah satu yang dicecar mengurangi emisi karbon adalah sektor transportasi, industri otomotif menjadi bagiannya.

Selain persoalan karbon, latar belakang proyek elektrifikasi otomotif menyangkut pula program penghiliran mineral, yakni mengubah cadangan nikel sebagai bahan baku baterai kendaraan. Sumber daya negara diarahkan demi menggenjot elektrifikasi tersebut. Kongsi BUMN membentuk pabrik baterai yang dikawinkan dengan pemain global LG Energy asal Korea Selatan, dan CBL dari China.

Saat bersamaan, Indonesia masih merupakan pasar paling gemuk di Asean dengan tingkat motorisasi yang rendah, peluang memperbesar pasar domestik masih luas terbuka. Sehingga, terbentuk skema yang berantai antara visi mengikis emisi dengan eksploitatifnya tambang nikel, pabrik baterai, serta pasar kendaraan bermotor hingga industrialisasi.

Dari rantai kebijakan itu, pemerintah memilih lebih dulu mengintervensi pasar melalui insentif fiskal berupa pembebasan PPnBM, bea masuk, serta kemudahan registrasi. Namun, bayangan pemerintah terkait pertumbuhan kendaraan listrik dibuyarkan kenyataan. Untuk roda empat saja, penjualan mobil listrik tidak sampai 1% dari total penjualan domestik. Total produksi dan penjualan kendaraan listrik masih terpaut jauh dari target kuantitatif yang telah ditetapkan. Langkah selanjutnya pemerintah adalah menciptakan pasar, dengan mengerahkan anggaran pengadaan kendaraan listrik untuk berbagai instansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.