Sri Mulyani Tekan Penerbitan Utang 40 Persen

Indonesia menekan pembiayaan utang yang terbukti turun tajam hingga 40 persen sepanjang tahun ini. Hal itu menunjukkan langkah hati-hati dalam menghadapi kondisi ekonomi global yang tak menentu.

Nindya Aldila

20 Sep 2023 - 21.20
A-
A+
Sri Mulyani Tekan Penerbitan Utang 40 Persen

Mata uang rupiah dan dolar Amerika Serikat di salah satu money changer, Jakarta, Sabtu (30/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA - Indonesia menekan pembiayaan utang yang terbukti turun tajam hingga 40 persen sepanjang tahun ini. Hal itu menunjukkan langkah hati-hati dalam menghadapi kondisi ekonomi global yang tak menentu.

Berdasarkan data APBN Kita, realisasi pembiayaan melalui penerbitan utang per Agustus 2023 mencapai Rp198 triliun atau baru 28,4 persen dari target APBN 2023 sebesar Rp696,3 triliun.

Dalam laporan yang sama, penerbitan surat berharga negara (SBN) neto hingga 31 Agustus 2023 hanya mencapai Rp183 triliun. Jumlah tersebut turun 42,3 persen jika dibandingkan dengan penerbitan SBN pada tahun lalu sebesar Rp317 triliun (year-on-year/YoY). Adapun, target penerbitan SBN hingga akhir 2023 mencapai 712,9 triliun.

Selain SBN, realisasi pinjaman juga turun sangat tajam yaitu hanya Rp15 triliun hingga akhir Agustus 2023 atau turun 90,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya (YoY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.