‘Stagnasi Abadi’ Mesin Utama Ekonomi

Sepintas, distribusi industri pengolahan alias manufakur ke produk domestik bruto (PDB) bisa sedikit membuat pemangku kebijakan tersenyum. Nyatanya, tak demikian.

Redaksi

6 Feb 2024 - 12.24
A-
A+
‘Stagnasi Abadi’ Mesin Utama Ekonomi

Ilustrasi industri./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Kecemasan pemerintah soal abadinya deindustrialisasi dini kini terbukti. Dalam data terbaru yang disampaikan Badan Pusat Statistik, kemarin (Senin (5/2), terjadi stagnasi gerak roda industri yang patut segera ditangani oleh pemangku kebijakan.

Sepintas, distribusi industri pengolahan alias manufakur ke produk domestik bruto (PDB) bisa sedikit membuat pemangku kebijakan tersenyum.

Tahun lalu, porsi manufaktur ke PDB tercatat 18,67%, sedikit lebih baik dibandingkan dengan warsa sebelumnya yang hanya 18,34%. Namun, apabila dicermati dengan saksama, terjadi stagnasi industri dalam pertumbuhan ekonomi.

Setidaknya dalam 4 tahun terakhir, pemerintah gagal memacu mesin industri menderu lebih kencang. Buktinya, porsi manufaktur ke PDB gagal menyentuh 20%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.