Stok Lama Harga Mahal, Biang Kerok Kelangkaan Minyak Goreng

Banyak pedagang yang telanjur memiliki stok lama minyak goreng yang dibeli dengan rentang harga Rp18.000/liter—Rp19.000/liter, alias jauh lebih mahal ketimbang harga eceran tertinggi di rentang Rp11.500/liter—Rp14.000/liter.

Wike D. Herlinda

1 Mar 2022 - 14.30
A-
A+
Stok Lama Harga Mahal, Biang Kerok Kelangkaan Minyak Goreng

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi meninjau harga dan distribusi minyak goreng di Pusat Pasar, Medan, Sumatra Utara, Sabtu (26 Feb)./dok. Biro Humas Kemendag

Bisnis, JAKARTA — Di tengah tuntutan dari pemerintah untuk menjual minyak goreng dengan batasan harga yang ketat, para pedagang di tingkat eceran justru kebingungan mengelola stok lama yang telanjur mereka beli dengan harga tinggi sebelum kebijakan HET berlaku. 

Efektif per 1 Februari 2022, Kementerian Perdagangkan mewajibkan para pengkulak menjual minyak goreng dengan ketentuan harga eceran tertinggi (HET) senilai Rp11.500/liter untuk curah, Rp13.500/liter kemasan sederhana, dan Rp14.000/liter kemasan premium. 

Permasalahannya, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) melaporkan banyak pedagang yang telanjur memiliki stok lama minyak goreng yang dibeli dengan rentang harga Rp18.000/liter—Rp19.000/liter.

“Di pasar ada stok lama, tetapi harganya cukup tinggi. Tidak mungkin pedagang menjual barang yang harga belinya Rp18.000/liter—Rp19.000/liter mengikuti HET pemerintah. Tidak mungkin pedagang jual rugi,” kata Sekretaris Jenderal DPP Ikappi Reynaldi Sarijowan, awal pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.