Strategi Bisnis Pinjol Hindari Bayang-Bayang Kredit Macet

Industri finansial technologi alias fintech klaster peer-to-peer (P2P) lending merancang strategi di tengah bayang-bayang kredit macet.

Asteria Desi Kartikasari
Oct 6, 2022 - 2:01 PM
A-
A+
Strategi Bisnis Pinjol Hindari Bayang-Bayang Kredit Macet

Ilustrasi P2P lending atau pinjaman online (pinjol)/Samsung.com

Bisnis, JAKARTA— Industri finansial technologi alias fintech klaster peer-to-peer (P2P) lending merancang strategi di tengah bayang-bayang kredit macet. 

Sebagai pengingat, beberapa waktu belakangan muncul keluhan dari para lender di platform dengan Tingkat Keberhasilan Bayar Pinjaman 90 hari (TKB90) rendah. Bahkan, para platform tersebut tercatat memiliki kinerja TKB90 yang jauh berada di bawah kinerja industri senilai 97,11 persen.

Situasi tersebut dibenarkan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Sekretaris Jenderal AFPI Sunu Widyatmoko mengakui pihaknya mulai menaruh perhatian terhadap fenomena ini, karena berpotensi memberikan dampak terhadap tingkat kepercayaan para pendana (lender).

“Kita sedang analisis lewat studi internal, apakah beberapa platform dengan kredit macet tinggi punya pengaruh terhadap industri secara keseluruhan, alias apakah ada Efek Pareto atau tidak,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis, Kamis (6/10/2022).

Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Strategi Bisnis Pinjol Hindari Bayang-Bayang Kredit Macet

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ