Strategi Fundraising IFG Life Rampungkan Sisa Polis Jiwasraya

Strategi penggalangan dana atau fundraising menjadi andalan untuk merampungkan sisa polis Jiwasraya yang belum dipindahkan. Mengingat fundraising dilakukan sebagai bagian penguatan permodalan IFG Life.

Rika Anggraeni

6 Sep 2023 - 17.42
A-
A+
Strategi Fundraising IFG Life Rampungkan Sisa Polis Jiwasraya

Warga melintasi logo Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Senin (5/10/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Strategi penggalangan dana atau fundraising menjadi andalan untuk merampungkan sisa polis Jiwasraya yang belum dipindahkan. Mengingat fundraising dilakukan sebagai bagian penguatan permodalan IFG Life.

PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) atau Indonesia Financial Group (IFG) akan melakukan penggalangan dana senilai Rp1,45 triliun untuk merampungkan sisa polis Jiwasraya.

Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko mengatakan bahwa fundraising merupakan bagian dari skema total pemenuhan pendanaan untuk menyelesaikan sisa polis yang belum dipindahkan. Dia menyebut sampai dengan akhir 2023, fundraising yang direncanakan mencapai Rp1,45 triliun.

Hexana mengatakan, fundraising dilakukan oleh holding sebagai bagian pemenuhan penguatan permodalan “Ada yang dari pemerintah langsung, ada yang menggunakan internal capacity dari IFG, itu Rp1,45 triliun di tahun 2023, sehingga bisa mengangkut polis lagi,” kata Hexana saat ditemui di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Baca Juga: PMN IFG untuk Jiwasraya Bermasalah dan Respons Perseroan

Hexana menjabarkan, penggalangan dana tersebut nantinya akan dilakukan dengan perbankan. Meskipun, IFG belum menentukan skema yang akan dipilih baik melalui pinjaman langsung atau menerbitkan instrumen. “Nanti kita pilih mana yang  paling efisien, hemat, dan bagus pricing-nya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hexana menyampaikan portofolio yang sudah ditransfer mencapai Rp30 triliun dan sebagian besar nasabah Jiwasraya sudah dipindahkan ke IFG Life. “Tinggal 157.000 saja. Yang tertinggal hanya 0,4 pesan saja,” katanya.

Baca Juga: Persetujuan PMN untuk IFG demi Masalah Jiwasraya Tak Berlarut

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan, IFG akan menempuh fundraising sebagai salah satu cara untuk memenuhi kekurangan dari permodalan.

“Di mana kekurangan dari modal akan dipenuhi, baik melalui fundraising dari IFG maupun PMN dan juga kemungkinan bridging dari IFG LIfe untuk pengalihan secepat mungkin di tahun 2023,” ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK Ogi Prastomiyono dalam Konferensi Pers Asesmen Sektor Jasa Keuangan dan Kebijakan OJK Hasil RDK Bulanan Agustus 2023 secara virtual, Selasa (5/9/2023).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.