Strategi GOTO Mengincar Laba dalam Pusaran Krisis Startup

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melaporkan nilai kerugian yang masih cukup tinggi untuk kinerja keuangannya pada akhir 2021 dan kuartal pertama 2022. GOTO menyatakan komitmen untuk memperbaiki kinerjanya, tetapi kondisi yang kini menekan industri startup berpotensi turut mengancam perseroan.

Emanuel Berkah Caesario

31 Mei 2022 - 18.14
A-
A+
Strategi GOTO Mengincar Laba dalam Pusaran Krisis Startup

Seremoni pencatatan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) di Bursa Efek Indonesia, Senin (11/4/2022). GoTo meraih dana Rp15,8 triliun dari IPO dan penjualan saham treasury./Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Industri perusahaan rintisan di bidang teknologi atau startup digital tengah dalam ancaman akibat tekanan likuiditas global seiring dengan kebijakan pengetatan moneter bank sentral dunia. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. yang baru saja listing dan masih berstatus rugi pun menjadi sorotan.

Akhir-akhir ini, pasar dikejutkan oleh kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi pada sejumlah perusahaan rintisan, seperti Zenius, LinkAja, dan JD.ID. Bahkan, beberapa perusahaan sudah lebih dahulu gulung tikar, seperti Airy Rooms, Stoqo, Qlapa, dan Sorabel.

Sebelumnya, perusahaan startup seperti Fabello, TaniHub, dan UangTeman juga sudah lebih dahulu melakukan langkah pengetatan serupa. OLX juga dikabarkan menghentikan aktivitas perekrutan karyawan baru untuk semua peran fungsional.

Alasannya kurang lebih seragam, yakni perusahaan mengalami keterbatasan likuiditas untuk menunjang keberlanjutan operasional bisnisnya. Jadi, langkah efisiensi harus ditempuh guna memastikan perusahaan tetap hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Strategi GOTO Mengincar Laba dalam Pusaran Krisis Startup

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.