Strategi Industri Keramik Tangkap Peluang Pasar Domestik

Pelemahan pasar dunia serta dinamika geopolitik punya efek bola salju bagi industri di dalam negeri, termasuk industri keramik. Setelah ekspor melemah, giliran pasar domestik terancam diserbu produk asing. Bagaimana siasat agar peluang tak hilang?

Fatkhul Maskur

18 Jun 2023 - 21.54
A-
A+
Strategi Industri Keramik Tangkap Peluang Pasar Domestik

Pabrik Keramik. Foto Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Pelemahan pasar dunia serta dinamika geopolitik punya efek bola salju bagi industri di dalam negeri, termasuk industri keramik. Setelah ekspor melemah, giliran pasar domestik terancam diserbu produk asing. Bagaimana siasat agar peluang tak hilang?

Berdasarkan data BPS, volume ekspor produk keramik pada 2022 telah sedikit terungkit setelah sebelumnya mengalami penurunan. Pengapalan produk berkode HS 69 pada tahun lalu sebanyak 324.680 ton (+2,5%), adapun tahun sebelumnya 316.807 ton (-3,1%).

Meski dari sisi volume sedikit naik, dari sisi nilai justru mengalami penurunan. Ekspor produk keramik pada 2022 tercatat US$338,37 juta. 

Di sisi lain, impor produk keramik konsisten mengalami kenaikan sejak beberapa tahun terakhir, baik dari segi volumem maupun nilainya. Pengapalan masuk barang berkode HS 69 ke Indonesia pada tahun lalu mencapai 1.986.107 ton (+5,2%) senilai US$897,87 juta (+29%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Strategi Industri Keramik Tangkap Peluang Pasar Domestik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.