Bisnis, JAKARTA — Bank-bank besar berupaya untuk terus meningkatkan keamanan sistem perbankan digital masing-masing guna melindungi dana dan data nasabah, terutama di tengah makin tingginya tingkat kejahatan digital dengan berbagai modus baru.
Keamanan dana dan data nasabah sejatinya adalah tantangan utama bagi bisnis perbankan sejak zaman dulu. Namun, ketika layanan perbankan kini makin dalam memasuki era digital, persoalan keamanan ini memang menjadi makin rentan, meski kemudahan yang diberikan juga jauh lebih banyak.
Dari tahun ke tahun, aduan tentang kasus penipuan yang dialami oleh nasabah perbankan tidak pernah absen. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kelalaian nasabah, hingga cela dalam sistem perbankan yang memang rentan untuk dimanfaatkan oleh oknum pelaku kejahatan.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya dalam melindungi masyarakat dalam melakukan aktivitas transaksi keuangan di dunia digital. Sejumlah regulasi telah disiapkan agar masyarakat nyaman menggunakan internet untuk mengakses layanan keuangan.