STRATEGI PORTOFOLIO : Keserakahan dan Ketakutan

Tampaknya, Buffett ingin benar-benar siap jika nanti benar terjadi ‘hujan emas’ dan bukan tidak mungkin bisa terjadi pada 2022.

Gajah Kusumo

8 Jan 2022 - 08.00
A-
A+
STRATEGI PORTOFOLIO : Keserakahan dan Ketakutan

I have no magic plan to add earnings except to dream big and to be prepared mentally and financially to act fast when opportunities present themselves. Every decade or so, dark clouds will fill the economic skies, and they will briefly rain gold. When downpours of that sort occur, it’s imperative that we rush outdoors carrying washtubs, not teaspoons. And that we will do.”

Pernyataan itu disampaikan oleh Warren Buffett dalam shareholders letter ke-40, surat yang rutin disampaikan bagi para pemegang saham Berkshire Hathaway Inc, pada 25 Februari 2017.

Surat yang konsisten ditulisnya tiap tahun—sejak 1977—itu biasanya berisikan kinerja, operasional, strategi Berkshire Hathaway, dan terutama pandangannya serta wisdom yang sering dijadikan sebagai rujukan dan introspeksi bagai para investor saham di seluruh dunia.

Pernyataan itu seolah melengkapi wisdom-nya yang sudah melegenda dan berhasil dipraktikkan oleh investor fundamental kawakan di Tanah Air, Lo Kheng Hong, yaitu, “be fearful when others are greedy and greedy only when others are fearful.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.