Strategi Pusat Belanja Tarik Kunjungan Momentum Ramadan dan Lebaran

Tingkat kunjungan pusat belanja usai pandemi Covid-19 terus mengalami peningkatan. Diyakini tingkat kunjungan pusat belanja momentum Ramadan dan Lebaran tahun ini akan meningkat.

Redaksi

21 Mar 2024 - 19.38
A-
A+
Strategi Pusat Belanja Tarik Kunjungan Momentum Ramadan dan Lebaran

Salah satu pusat belanja. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Momentum Ramadan dan Lebaran menjadi berkah pusat belanja atau mal dalam menarik kunjungan. Salah satunya Supermal Karawaci yang membidik kenaikan pengunjung sekitar 30%. 

Direktur Supermal Karawaci Eddy Halim mengatakan tingkat kunjungan pusat belanja usai pandemi Covid-19 terus mengalami peningkatan. Dia optimistis tingkat kunjungan pusat belanja momentum Ramadan dan Lebaran tahun ini akan meningkat. 

“Meski harga bahan pokok naik, kami optimistis kunjungan ke mal akan ramai karena mereka bawa anak-anak ke mal pasti berbelanja, mungkin ada pengaruh sedikit dari bahan pokok naik,” ujarnya dalam keterangan kepada Bisnis, Kamis (21/3/2024). 

Salah satu upaya untuk menarik kunjungan ke pusat perbelanjaan berkolaborasi dengan tenant untuk memberikan diskon jelang Lebaran. 

Supermal Karawaci menghadirkan serangkaian program menarik yang dikhususkan bagi pengunjung setianya yang terangkum dalam tema blessings of Ramadan dari tanggal 10 Maret hingga 21 April 2024.

“Belanja bersama ifabel pada 21 Maret 2024 bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, dimana sebanyak 30 anak-anak tuna rungu dan tuna grahita di bawah asuhan Dompet Dhuafa akan diajak untuk berbelanja baju lebaran di Matahari Dept. Store, berbuka puasa dengan sajian dari Teh Kotjok, Bakmi GM, Hokben, dan Krispy Kreme, lalu dilanjutkan dengan bermain berbagai wahana di Timezone,” katanya.

Setiap akhir pekan dan hari libur nasional pengunjung juga dapat bertemu dengan karakter Tayo di Kids Atrium Supermal Karawaci pada pukul 16.00 WIB dan 19.00 WIB. Beragam acara tematik Ramadan juga akan berlangsung setiap sore dan malam hari seperti Orkes Gambus, Tari Sufi, Karnaval Ramadan, serta Aladdin on the Flying Carpet yang akan berkeliling di dalam mall mulai tanggal 23 Maret – 09 April 2024.

“Yang pasti, kami ingin selalu berbagi kebahagiaan dan keceriaan bersama adik-adik difabel dengan mengajak belanja dan bermain di Supermal Karawaci ini. Selain itu, bagi para pengunjung umum untuk tidak melewatkan kesempatan menikmati diskon khusus di bulan Ramadan dan puncaknya pada saat midnight sale nanti,” ucapnya. 

Tenant Supermal Karawaci memberikan diskon khusus bagi pengunjung untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran. Puncak perayaan Blessings of Ramadan adalah Super Midnight Sale pada 30 Maret, dimana pengunjung dapat menikmati diskon hingga 80% khusus selama midnight sale.

Baca Juga: Pusat Belanja Menadah Berkah Tingkat Kunjungan & Okupansi Momen Ramadan


Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, salah satu faktor utama peningkatan kunjungan lantaran kondisi hasill Pemilu 2024 yang relatif kondusif dan dinilai dapat dipertahankan menjelang Idulfitri.

“Kami optimistis rata-rata tingkat kunjungan pada saat Ramadan dan Idulfitri tahun ini akan lebih tinggi dari tahun lalu, diperkirakan akan terjadi peningkatan sekitar 15%-20%,” tuturnya.

Adapun rerata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan saat ini pun sudah lebih dari 100% dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19. Sementara itu, tingkat okupansi tenant rata-rata terisi 80% lebih tinggi dari masa pandemi 70%. 

Para pengelola pusat perbelanjaan kini mulai mengencangkan strategi untuk menarik pengunjung. Beberapa di antaranya dengan penyelenggaran aktivitas hiburan, keagamaan, kebudayaan terkait dengan bulan suci Ramadan. 

Tak hanya itu, berbagai program promo belanja berupa diskon juga sudah dipersiapkan demi menggaet minat konsumen. Momen Ramadan juga menjadi salah satu ajang untuk tenant meningkatkan penjualan di offline store

“Sampai dengan Idulfitri nanti diperkirakan kondisi masih akan tetap stabil mengingat Ramadan dan Idulfitri adalah musim puncak [peak season] usaha ritel di Indonesia,” ujar Alphonzus. (Afiffah Rahmah Nurdifa/Yanita Petriella)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.