Strategi Transisi Energi Pertamina Hulu Tekan Emisi

Setidaknya, ada tiga strategi transisi energi Pertamina Hulu Energi (PHE) yang diterapkan dalam upaya pengurangan emisi karbon pada kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi, baik di dalam maupun luar negeri.

Ibeth Nurbaiti

27 Sep 2022 - 11.00
A-
A+
Strategi Transisi Energi Pertamina Hulu Tekan Emisi

Kegiatan eksplorasi di wilayah kerja (WK) Subholding Upstream Pertamina. Dok. Pertamina

Bisnis, JAKARTA — Transisi energi dan perubahan iklim menjadi isu yang tak terpisahkan dalam upaya mengejar target netral karbon atau Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang. Sejumlah strategi transisi energi pun disiapkan PT Pertamina Hulu Energi untuk menekan emisi karbon.

Setidaknya, ada tiga strategi transisi energi PHE yang diterapkan dalam upaya pengurangan emisi karbon pada kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi, baik di dalam maupun luar negeri.

Pertama, mendorong pengembangan gas yang lebih rendah emisi. Kedua, menjalankan program dekarbonisasi dengan menekan konsumsi energi melalui penggunaan pembangkit listrik rendah karbon. Ketiga, melakukan monetisasi pengembangan penerapan teknologi carbon capture storage (CCS)/carbon capture utilization and storage (CCUS).

Baca juga: Pertamina Temukan Cadangan Migas di Aceh, Jawa Barat, dan Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.