Strategi Waskita Karya (WSKT) untuk Tingkatkan Nilai Kontrak Baru di 2024

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) menyiapkan sejumlah inisiatif strategis untuk meningkatkan perolehan kontrak baru tahun ini guna memperbaiki kinerja keuangannya yang lesu.

Redaksi

26 Apr 2024 - 12.11
A-
A+
Strategi Waskita Karya (WSKT) untuk Tingkatkan Nilai Kontrak Baru di 2024

Bisnis, JAKARTA — PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) berencana untuk meningkatkan perolehan Nilai Kontrak Baru (NKB) pada 2024 dibandingkan periode sebelumnya. 

Berdasarkan Laporan Tahunan 2023 WSKT, guna mendapat peningkatan NKB, WSKT memasang target yang lebih luas untuk perolehan NKB di seluruh segmen, baik pada pasar dalam negeri maupun luar negeri dengan nilai minimum sebesar Rp21,4 triliun dan Rp16,4 triliun standalone

Adapun, inisiatif strategis yang dilakukan untuk mencapai peningkatan NKB di antaranya yakni perluasan pasar dengan fokus terhadap proyek dengan kriteria 4N (New Market, New Owner, New Strategic Partner, New Area). 

Lalu, WSKT juga akan berfokus terhadap pangsa proyek dengan kriteria pembayaran bulanan (monthly payment), terdapat uang muka, dan tidak memerlukan pendanaan tambahan di luar biaya yang telah dirancang dalam perencanaannya (gap financing). 

Inisiatif strategis lainnya untuk meningkatkan NKB yaitu WSKT memperoleh proyek baru dengan porsi nonpemerintah sebesar lebih dari 20% dari keseluruhan tender yang diikuti. 

Kemudian, dalam inisiatif untuk meningkatkan NKB yang terakhir, WSKT memperluas networking bersama dengan partner strategis untuk mendapatkan proyek-proyek prioritas seperti MRT Jakarta, Pelabuhan Patimban, dan Jakarta Sewerage System. 

Selain perluasan target di seluruh segmen, WSKT juga memasang winning rate minimum sebesar 25,0% yang direalisasikan melalui beberapa inisiatif strategis. 

Baca Juga:

Laba TLKM Tertekan di Kuartal Pertama 2024, Simak Rekomendasi Sahamnya

Prospek IHSG dan Saham Potensial di Kuartal II/2024

Menakar Dampak Naiknya BI Rate pada Bisnis Bank

Respons Industri Leasing Saat Rupiah Melemah

Sinyal Masuknya Investor Strategis BRIS & Daya Tarik Bank RI

Pertama, melakukan pelaksanaan strategi Winning War Room pada tender proyek dengan tingkat kompetisi yang tinggi. 

Selanjutnya yang kedua, WSKT menjalin partnership bersama perusahaan yang dapat mengisi gap experience dan dapat memberikan dukungan dari sisi finansial (jaminan tender). 

WSKT juga tak lupa meningkatkan jumlah sertifikasi atas kompetensi pengalaman yang sesuai dengan pemetaan kebutuhan sertifikasi sesuai RKAP 2024.

Sertifikasi tersebut juga dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya kegagalan tender akibat tidak lengkapnya dokumen administrasi tender dengan fungsi Tender Document Verification (TDV). 


Sebelumnya, diberitakan oleh Bisnis.com bahwa WSKT meraih nilai kontrak baru sebesar Rp14,4 triliun sampai dengan November 2023.  

Direktur Pengembangan Bisnis Waskita Karya, Rudi Purnomo, menyampaikan bahwa perolehan nilai tersebut masih berasal dari proyek-proyek milik pemerintah dengan kontribusi hingga 71%. 

“Segmentasi pemberi kerja didominasi oleh pemerintah sebesar 71%, sedangkan untuk jenis proyek sebesar 61% adalah proyek-proyek konektivitas,” ujarnya dalam paparan publik akhir 2023.

Selama 2023, proyek-proyek besar yang sudah dimenangkan oleh Waskita, di antaranya Proyek LRT Jakarta Fase 1B senilai Rp2,1 triliun, Presidente Nicolau Lobato International Airport, Timor Timur, sebesar Rp1,1 triliun, dan pembangunan Rumah Susun ASN 3 sebesar Rp1 triliun.

Secara kumulatif, emiten BUMN Karya ini tercatat menggenggam 90 proyek berjalan dengan total nilai kontrak mencapai Rp52,7 triliun per November 2023. 

Rincian proyeknya yakni 41 proyek berjalan berada di Pulau Jawa dan Bali, kemudian disusul Sumatera sebanyak 28 proyek, Pulau Kalimantan terdapat 12 proyek, Nusa Tenggara mencapai 5 proyek, Kalimantan 3 proyek, dan Papua satu proyek.

(Reporter: Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.